Kata-Kata Lebaran Islami

faktakini.com – kalian pastinya tahu bahwa semua manusia pasti memiliki masalahnya tersendiri. Terkadang harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan membuat beberapa orang kehilangan semangat ketika menjalani berbagai aktivitas. Semua orang pastinya juga membutuhkan dukungan dan juga motivasi agar mereka bisa bersemangat kembali seperti mencari sejumlah kata-kata bijak Islami.

Penggunaan Kata Bijak Islami

Biasanya penggunaan kata-kata bijak Islami ini memang digunakan untuk berbagai keperluan seperti salah satunya kata-kata lebaran Islami yang diucapkan oleh beberapa orang menjelang Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang dinantikan oleh seluruh Umat Islam yang sudah selesai dalam menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari lamanya. Tentu ucapan rasa syukur ini harus dipanjatkan dengan mengirimkan berbagai kata-kata yang indah.

Sejumlah kata-kata yang indah ini bahkan bisa Sahabat kepo ucapkan pada teman, saudara dan beberapa orang tersayang Sahabat kepo lainnya. Mengucapkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri memang salah satu kebiasaan yang baik untuk tetap saling bersilaturahmi dan mengingatkan pada hal-hal baik dengan kata-kata Islami yang diucapkan.

Pilihan Kata-Kata Bijak Islami Idul Fitri

Nah, sahabat kepo yang juga penasaran apa saja kata-kata Islami Idul Fitri yang bisa kalian ucapkan pada teman, saudara, dan orang tersayang lainnya, maka inilah beberapa pilihannya:

  • Bagi hati yang pernah terluka karena lidah yang tajam, bagi hati yang perih karena buruknya tingkah laku, untuk perasaan yang tersakiti karena ego dan sikapku, mohon maaf lahir dan batin.
  • Meski wajah tidak dapat berjumpa, tangan tidak bisa saling menjabat, semoga kata-kata ini bisa menjadi jembatan di hari yang penuh kemenangan. Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Pilihan Kata-Kata Bijak Islami Idul Adha

Di atas adalah rekomendasi akan kata-kata lebaran Islami yang sahabat kepo bisa gunakan ketika memasuki lebaran atau Idul Fitri. Nah, selain beberapa pilihan akan kata-kata Islami untuk Idul Fitri yang bisa sahabat kepo gunakan, menyambut hari raya bukan Idul Fitri saja melainkan juga Idul Adha. Perayaan Idul Adha ini para umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha yang kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban dan diberikan kepada orang-orang yang berhak mendapatkannya.

Tentunya merayakan Idul Adha ini kurang afdol rasanya jika sahabat kepo tidak saling bertegur sapa apalagi saling memaafkan. Hal ini adalah perbuatan baik yang pastinya juga akan mendatangkan pahala yang besar. Mengucapkan kata-kata Islami Idul Adha bisa diucapkan secara langsung maupun mengirimkan pesan. Untuk referensi kata-kata ucapan Islami untuk Idul Adha yang bisa diucapkan diantaranya adalah:

  • Ketika tangan tak mampu berjabat,, kaki tidak dapat melangkah, hanya hati yang mampu berbisik, mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Adha.
  • Di hari penuh makna serta kerinduan untuk saling bertemu dan berkumpul, saya dan keluarga ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha, semoga keberkahan senantiasa menyertai kita semua.

Rekomendasi Kata-Kata Bijak Islami

Itulah kedua contoh dari kata-kata Islami yang bisa diucapkan ketika sedang merayakan hari raya baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha. Namun, selain ucapan kata-kata Islami yang ada di atas, Sahabat kepo juga bisa mengucapkan beberapa kata-kata Islami baik untuk orang tua, untuk pernikahan, untuk ulang tahun, dan lain sebagainya. Sahabat kepo yang pastinya kepo kata-kata Islami apa saja yang bisa digunakan, maka simaklah informasinya berikut ini:

Kata Mutiara Islami di Pagi Hari

Menyambut pagi hari tentunya harus dilakukan dengan penuh suka cita, bahkan kata-kata yang terlontar juga merupakan doa. Maka dari itulah ada banyak kata mutiara pagi hari Islami yang bisa sahabat kepo ucapkan. Meskipun terkesan sepele, namun kata-kata semangat ini bahkan bisa membuat hari menjadi lebih bermakna. Beberapa referensi kata-kata yang bisa kalian gunakan yaitu:

  • Semoga seberkas sinar ilahi terpancar menerangi di hati pagi ini, dan semoga Allah selalu bersama kita sepanjang hari ini.
  • Berperilaku baiklah karena Allah semata, dan jangan lupa untuk bersyukur setiap pagi karena nikmat Allah selalu menyertai kamu semua.
  • Assalamualaikum, selamat pagi, semoga nikmat Allah selalu senantiasa menyertai kita di sepanjang waktu, semoga kesehatan juga selalu menyertai kita hari ini. Aamiin.

Kata Mutiara Islami untuk Orang Tua

Sebagai anak yang soleh dan juga solehah, pastinya selalu mendoakan orang tua mereka setuap harinya semoga selalu sehat dan dilindungi oleh Allah SWT. Mendoakannya bahkan merupakan salah satu bentuk terima kasih kita kepada orang tua. Doa-doa untuk orang tua yang bisa sahabat kepo ucapkan ini adalah Rabbighfir lī wa li wālidayya warham humā kamā rabbayānī shoghīrā. Kumpulan kata bijak untuk ibu bahkan bisa kalian panjatkan dengan selalu mendoakannya.

Kata Mutiara Islami untuk Pernikahan

Menikah merupakan salah satu ibadah kepada Allah sehingga semua pasangan harus memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pernikahan. Semua pasangan tentunya harus selalu mengucapkan doa ucapan syukur pernikahan. Hal ini dilakukan agar pernikahan yang dilakukan bisa harmonis, sakinah, mawaddah dan warahmah. Sedangkan untuk beberapa kata mutiara pernikahan Islami yang bisa diungkapkan diantaranya adalah:

  • Menikah adalah sebuah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak kalian temukan pada saat ta’aruf dengannya. Sesungguhnya menikah juga membutuhkan perjuangan panjang dan lama namun tetap terasa indah.
  • Menikah adalah ibadah terlama, karena dengan menikah, maka kalian akan menyempurnakan setengah perjalanan agama sekaligus kehidupan.

Kata Mutiara Islami untuk Ulang Tahun

Ucapan ulang tahun biasanya diucapkan kepada beberapa orang tersayang dengan berbagai cara, bagi Anda yang beragama Islam, maka Anda bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun Islami seperti berikut ini:

  • Barakallahu fii umrik, semoga selalu diberikan kesehatan, panjang umur, dan rezeki yang melimpah. Aamiin.
  • Miladuki sa’idy, semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan, rahmat, di sisa umur yang sudah diberikan. Aamiin

Bacaan dan Doa Setelah Sholat Tarawih

Kata-kata Islami di atas juga bisa dibilang merupakan doa yang mampu menyemangati semua umat Islam yang akan menjalani aktivitasnya. Adapun untuk kalimat Islami yang juga merupakan doa yang salah satunya adalah doa-doa sholat Tarawih. Ada doa yang bisa Anda semua baca khususnya doa yang dibaca setelah selesai sholat Tarawih yaitu Doa Kamilin:

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta lawa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa ilal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin.

Wa min tha‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka‘sin min ma‘in. Ma‘al ladzina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman. Allahummaj‘alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su‘ada’il maqbûlin. Wa la taj‘alna minal asyqiya’il mardûdin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Jadi, itulah sebagian rekomendasi dan referensi yang bisa sahabat kepo gunakan untuk beberapa momen-momen tertentu. Baik itu mengucapkan ulang tahun, pernikahan, motivasi di pagi hari, kata-kata lebaran Islami, dan ada juga doa-doa sholat seperti yang bisa Sahabat kepo ucapkan seperti sholat Tarawih.

Leave a Comment