Golongan Doa Yang Mustajab

Banyak orang yang menyebut doa setelah sholat 5 waktu sangat mustajab dilakukan untuk dikabulkannya doa yang dipanjatkan kepada Allah. Memang hal ini tidak salah, namun Sahabat kepo juga harus mengetahui bahwa doa juga harus dilakukan dengan khusuk dan tulus. Agar doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah sesuai dengan yang diharapkan. Meski demikian, banyaknya golongan doa yang mustajab yang diketahui, Sahabat kini juga harus mengetahui ada doa – doa mustajab yang tidak akan ditolak oleh Allah. Sebelum mengetahui, golongan doa yang mustajab yang tidak akan ditolak oleh Allah, ada baiknya Sahabat kini mengetahui hal – hal penting di bawah ini.

Waktu – waktu paling mustajab untuk berdoa kepada Allah

Meskipun berdoa dapat dilakukan setiap hari, setiap saat dan dimana pun orang itu berada, namun ada waktu – waktu yang tepat (mustajab) bagi seseorang untuk memanjatkan doa kepada Allah. Bagi Sahabat kepo yang penasaran, simak waktu – waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah seperti berikut ini :

  • Pada waktu membaca Al Qur’an
  • Setelah selesai melaksanakan 5 waktu sholat wajib (Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya)
  • Ketika tengah malam seusai melaksanakan sholat Tahajud
  • Saat berpuasa wajib dan sunah
  • Ketika melaksanakan ibadah haji

Golongan doa yang mustajab tidak akan ditolak oleh Allah

Berikut ini ada golongan doa yang mustajab yang tidak akan ditolak oleh Allah yang wajib diketahui oleh Sahabat kini :

  • Doa orang tua

Salah satu dari golongan doa yang mustajab yang tidak akan ditolak oleh Allah adalah doa kedua orang tua. Hal ini dikarenakan, ridha dari orang tua untuk anaknya juga merupakan ridha dari Allah. Dan doa orang tua ini pasti akan dikabulkan oleh Allah.

  • Doa orang teraniaya maupun terzalimi

Doa yang akan dikabulkan oleh Allah adalah doa dari orang teraniaya maupun terzalimi. Seperti misalnya ketika seseorang dalam keadaan diperlakukan tidak baik secara verbal maupun non verbal oleh orang lain.

  • Doa orang berpuasa

Doa orang yang berpuasa hingga ia berbuka merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah. Apalagi mengingat puasa merupakan suatu ibadah dan termasuk rukun Islam keempat yang wajib dijalankan oleh umat Muslim.

  • Doa seorang musafir

Sahabat kepo wajib tahu, bahwa doa seorang musafir (orang yang sedang dalam bepergian untuk tujuan ibadah) merupakan salah satu doa yang juga tidak akan ditolak oleh Allah. Sebab, musafir dikatakan mampu untuk mengendalikan diri beserta nafsunya.

  • Doa seorang Muslim untuk saudaranya

Dalam ajaran Islam, sebagai umat Muslim tentu diajarkan untuk menjaga hubungan baik antar sesama saudara Muslim bukan? Nah, jika Sahabat kepo mendoakan yang terbaik tanpa sepengetahuannya, maka doa akan segera dikabulkan oleh Allah.

Leave a Comment