Doa Setelah Sholat 5 waktu

Faktakini.com – Para Sahabat pasti menyadari bahwa dalam menjalankan kehidupan, sebagai manusia biasa kita semua tidak dapat lepas dari peran Allah SWT. Rasa syukur seharusnya memang tidak berhenti untuk dipanjatkan kepada Allah SWT sebagai bentuk apresiasi atas segala macam nikmat yang didapatkan selama berada di dunia ini. Segala perilaku baik yang dijalankan di dunia ini tidak akan ada artinya jika manusia tersebut tidak mengingat penciptanya dan mengucapkan rasa syukurnya. Manusia mungkin dapat selalu menentukan rencana apa yang akan mereka ambil, tetapi keputusan tetap ada pada Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengamalkan segala ajarannya, termasuk pula memanjatkan doa setiap saat.

Salah satu saat yang baik untuk mengamalkan doa sebagai bentuk rasa syukur atau juga meminta segala kelancaran atas rencana yang manusia buat adalah do’a setelah sholat 5 waktu. Do’a sendiri merupakan bentuk amalan baik yang perlu untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim. Dalam proses doa sendiri, banyak yang dapat dilakukan oleh manusia. Doa sebagai bentuk komunikasi antara Allah SWT dengan para umatnya, baik itu untuk memohon suatu hal atau juga hanya sebagai tempat untuk memanjatkan rasa syukur. Semakin sering umat berdoa, maka akan semakin dekat hubungan mereka dengan Pencipta-Nya. Oleh karena itu, Sahabat perlu untuk menyimak artikel ini karena akan ada kumpulan doa-doa pilihan yang dapat diamalkan kapanpun dan dimanapun.

Manfaat Memanjatkan Doa dalam Keseharian

Manusia memang tempatnya segala macam kekurangan yang ada dan kesalahan, maka dari itu terkadang beberapa dari mereka masih enggan atau jarang memanjatkan do’a. Padahal berdo’a sendiri selain menjadi ibadah, juga memiliki banyak sekali manfaatnya sebagai umat muslim. Terkadang, beberapa dari Sahabat mungkin hanya mengetahui untuk memanjatkan do’a setelah sholat 5 waktu, perlu juga diketahui bahwa ada do’a lain yang dapat menemani sempurnanya sholat. Masih ada banyak macam do’a-do’a mustajab agar selalu ditolong Allah yang dapat dipanjatkan dalam berbagai waktu dan tempat. Salah satu dari manfaat dalam memanjatkan do’a adalah kemudahan dalam mendapatkan ridha dari Allah SWT. Sebagai manusia, pasti Sahabat juga ingin untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT agar dapat menjalani kehidupannya ke jalan yang lebih baik lagi setiap harinya. Maka dari itu, do’a dapat mendekatkan Allah SWT dengan umatnya dan memudahkan para umat ini untuk mendapatkan ridha dari Nya. Kemudahan akan dapat sering ditemui dalam kesehariannya dengan mengamalkan do’a dan juga bacaan dzikir.

Kegiatan memanjatkan do’a yang seringkali juga menjadi komunikasi sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang dimiliki oleh para Sahabat. Terkadang, sebagai manusia yang mendapatkan berbagai macam rezeki dan juga nikmat duniawi membuat lupa akan memanjatkan rasa syukur kepada yang memberikan nikmat tersebut, yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, berdo’a bisa menjadi alat yang nantinya membuat nikmat semakin banyak karena melalui kegiatan ini, manusia juga dapat memohon rezeki atau nikmat dalam hidupnya. Jika Allah SWT menghendaki manusia untuk memiliki hal tersebut, maka akan dengan mudahnya datang ke kehidupan. Di sisi lain, berdo’a juga dapat menghilangkan keresahan hati yang mungkin sedang dialami karena beberapa hal duniawi yang sedang terjadi dalam hidup seorang manusia. Hal ini juga dapat semakin mendekatkan manusia dengan Allah SWT karena komunikasi yang dibangun melalui do’a ini cukup erat. Dengan ini, bukan berarti manusia tersebut akan semakin dijauhkan dari mara bahaya dan hal yang dapat menyakiti.

Berbagai Jenis Doa yang Bisa Dipanjatkan Sehari-hari

Mungkin banyak dari Sahabat yang belum mengetahui tentang berbagai bacaan do’a sehari-hari yang dapat diamalkan. Padahal, setiap langkah yang manusia lakukan akan lebih baik jika dimulai dengan do’a agar semua usaha yang dilakukan dapat menjadi rahmat dan juga amalan. Jika semua hal dilakukan dengan tujuan untuk menjadi bentuk sebuah ibadah kepada Allah SWT, hal tersebut dapat menjadikan segala sesuatunya menjadi nikmat yang tidak tertandingi rasanya. Beberapa kegiatan yang seharusnya mengawalinya dengan do’a seperti saat sebelum dan juga sesudah makan, sebelum dan ketika bangun tidur, ketika akan masuk ke suatu ruangan, ketika akan keluar dari ruangan tersebut, terlebih lagi ketika akan memasuki dan keluar dari rumah Allah SWT yaitu masjid. Kumpulan do’a-do’a pendek dapat dengan mudah dihafalkan dan dijadikan kebiasaan yang baik.

Selain do’a yang dipanjatkan ketika sholat waktu, para Sahabat mungkin ada yang juga menjalankan ibadah sholat tahajud. Perlu untuk selalu mengingat do’a-do’a setelah sholat tahajud agar apapun yang diharapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT dalam cara yang terbaik. Selain menjalankan sholat, salah satu syarat agar sholat dapat diterima adalah dengan menjalankan proses wudhu dengan benar dan dapat sesuai dengan tujuan dari wudhu itu sendiri yaitu untuk mensucikan diri. Oleh karena itu, perlu untuk Sahabat mengetahui do’a-do’a wudhu lengkap secara benar dengan berbagai langkah-langkahnya dengan tepat agar diri dapat sepenuhnya dalam keadaan suci sebelum menghadap Allah SWT ketika menjalankan sholat.

Doa Lain dalam Keadaan Tertentu yang Tidak Terduga

Berbagai macam kumpulan do’a-do’a harian yang seharusnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian diantaranya sudah menjadi rutinitas harian, hanya perlu untuk dibiasakan membaca do’a sebelum dan sudah memulainya, seperti masuk dan keluar sebuah ruangan, serta do’a yang dipanjatkan sebelum dan sesudah selesai makan. Berbagai macam do’a tersebut baik untuk diamalkan oleh seluruh umat muslim, namun juga ada beberapa do’a-do’a untuk ibu hamil yang dianjurkan selama mengandung bayi dalam rahim. Semua Ibu tentu saja menginginkan untuk anak yang berada dalam kandungannya selalu dalam kondisi sehat walafiat, kemudian juga sang Ibu melewati proses kehamilan hingga persalinan dengan lancar dan tidak ada hal yang membahayakan dirinya maupun bayi. Oleh karena itu di samping menjalankan gaya hidup yang sehat selama masa kandungan, terdapat beberapa do’a yang sebaiknya dibaca seperti surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, Surat Al-A’raf ayat 54, dan juga sering membaca kitab suci Al-Qur’an. Selama persalinan berjalan juga dianjurkan untuk banyak membaca istighfar untuk membantu memperlancar prosesnya.

Momen bertambahnya usia para Sahabat tiap tahunnya tentu menjadi momentum yang tidak dapat dilupakan. Dapat bertemu dengan hari ulang tahun lagi tiap tahunnya merupakan salah satu nikmat yang tidak ada tandingannya. Oleh karena itu, perlu untuk memanjatkan do’a ulang tahun islami baik untuk orang lain yang sedang berulang tahun atau juga diri sendiri ketika merayakannya. Lebih baik untuk mengucapkan ulang tahun kepada orang lain diiringi dengan do’a yang dapat membawa kebaikan untuk orang tersebut. Di sisi lain, do’a untuk diri sendiri ketika berulang tahun juga dapat dipanjatkan dengan do’a yang membawa arti dapat membawa kerahmatan, panjang umur, dan juga rezeki yang baik untuk diri sendiri. Selain itu, perlu juga untuk diingat bahwa semua makhluk yang hidup di dunia ini pasti akan mati pada waktunya sendiri. Maka dari itu, perlu untuk Sahabat mengetahui doa-do’a sholat jenazah agar dapat menghantar kan orang terdekat yang sudah menghadap Allah SWT terlebih dahulu dengan tenang.
Banyaknya kumpulan do’a-do’a mustajab akan lebih baik dapat diamalkan pada tiap hembusan nafas yang dikeluarkan. Amalan ini dapat menemani do’a setelah sholat 5 waktu agar ibadah yang dilakukan semakin sempurna. Melaksanakan ibadah dapat membawa diri menjadi lebih tenang dan dekat dengan Yang Maha Kuasa. Semoga kita semua selalu diberkati oleh rahmatnya dan menjadi umat yang baik di mata-Nya.

Leave a Comment