Bacaan doa sehari-hari

Bacaan doa sehari-hari memang penting untuk sahabat ketahui agar dapat menjalani aktivitas anda dengan baik dan selalu ingat kepada sang pencipta. Memang sebagai umat beragama, berdoa memang menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Dengan berdoa inilah dapat menjadi sarana terbaik untuk memohon kebaikan kepada sang Pencipta.

Selain bacaan doa setelah sholat 5 waktu, bacaan doa untuk keseharian ternyata sangat penting untuk diketahui. Adapun bacaan doa tersebut dapat meliputi doa sesudah bangun tidur hingga beranjak tidur kembali.  Dengan berdoa inilah, ternyata juga dapat menjadi pengakuan bahwa terdapat Zat yang memiliki tingkat posisi paling tinggi. Itulah mengapa kita juga harus berdoa kepada-Nya setiap hari.

Dengan berdoa inilah ternyata juga dapat menjadi sarana berkomunikasi bagi seorang mukmin dengan Tuhannya. Berdoa sendiri dapat dilakukan ketika kondisi sedang senang maupun sedih. Hal tersebut juga karena melalui berdoa itulah, maka kita dapat kembali dan mengadu.

Kumpulan bacaan doa sehari-hari

Terdapat beberapa doa sehari-hari yang wajib untuk baca agar dapat menjalani aktivitas dengan baik diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Doa untuk memohon keselamatan dunia dan akhirat 

Bacaan doa sehar-hari yang wajib untuk diketahui adalah doa untuk memohon keselamatan dunia maupun akhirat. Seperti yang telah diketahui, dunia sendiri hanyalah menjadi tempat persinggahan. Sedangkan kehidupan yang kekal tersebut berada di alam akhirat. Untuk itulah, kita harus memohon keselamatan dunia dan akhirat, doa ini biasa disebut dengan doa sapu jagat karena doanya pendek tapi sudah mencakup doa kebaikan dunia dan akhirat. Adapun bacaan doa tersebut adalah:

Bacaan doa sehari-hari

Rabbanaa atinna fiddunnya hasanah, wa filakhiroti hasanah wa qinaa adzaabannaar. Adapun maksud arti dari doa ini adalah untuk meminta Tuhan memberikan kebaikan hidup di dunia maupun di akhirat dan jagalah agar terhindar dari siksa neraka.

  1. Doa sebelum tidur 

Sebelum tidur, hendaknya seseorang juga harus membaca doa tidur hal ini agar selama tidur dapat mendapatkan perlindungan dari Allah dan terhindar dari mimpi buruk ketika sedang tidur. Adapun doa sebelum tidur yakni

doa sebelum tidur

bismikallohumma ahyaa wa amuut.

Adapun arti doa ini adalah dengan nama-Mu ya Allah, saya hidup dan mati.

  1. Doa sebelum makan 

Adapun doa untuk sehari-hari lainnya yang wajib untuk diamalkan adalah doa sebelum makan ini. dengan membaca doa sebelum makan itulah dapat menjadi wujud syukur terhadap makanan yang akan dimakan. Adapun bacaaannya adalah

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa adzaabannaar.

  1. Doa masuk kamar mandi 

Seperti yang sudah kita ketahui, kamar mandi memang menjadi salah satu tempat dimana digunakan para setan untuk berkumpul, maka itulah sebagai seorang muslim hendaknya juga membiasakan diri untuk membaca doa sebelum masuk kamar mandi. Adapun bacaanya adalah

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

allohumma inni a’uudzubika minal khubutsi walkhobaaits. 

Demikian beberapa bacaan doa sehari-hari yang dapat sahabat kepo baca dengan sebaiknya. Masih ada banyak lagi kumpulan doa yang bisa anda baca agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan ridho Allah.

Leave a Comment