Debat Keempat Pilpres, Prabowo Siap Tingkatkan Anggaran Hankam Untuk Jaga Kedaulatan NKRI

Sabtu, 30 Maret 2019

Faktakini.com, Jakarta - Tampil dalam debat keempat Pilpres 2019 hari ini, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyoroti rendahnya anggaran pertahanan Indonesia.

"Di bidang pertahanan dan keamanan, kita terlalu lemah. Anggaran terlalu kecil, ini perlu kita perbaiki," kata Prabowo saat menyampaikan visi-misinya pada debat capres ke-4 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mengutarakan program dan visi misi di bidang pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional jelang debat keempat.

Menurut BPN, Prabowo-Sandiaga bakal menyediakan anggaran dan alutsista yang cukup untuk kebutuhan militer serta terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Kita pasti ingin menjadikan TNI kita TNI yang profesional. Tentara rakyat yang dicintai rakyat tapi juga mempunyai efek gentar di negara-negara kawasan. Caranya seperti apa? Nah konsep kita beda. kalau pak jokowi kan pati, Pamen (Perwira Menengah) berlebih mau dijadiin dwifungsi lagi kan. Itu kemunduran demokrasi. Seharusnya kan yang dilakukan adalah penguatan struktur TNI, anggarannya ditambah supaya strukturnya dikembangkan lalu kita kasih anggaran cukup supaya tentara ini bisa latihan, mempunyai alutsista dan persediaan logistik yang cukup, peluru yang cukup, semua yang cukup sehingga tentara fokus membela kedaulatan negara," kata Juru Bicara BPN Andre Rosiade, Kamis (28/3/2019).

Dia mengatakan Prabowo bakal fokus dalam memastikan dwifungsi TNI tak kembali terjadi. Dia menyatakan kalau ada kebijakan yang ingin menjadikan militer terlibat dalam institusi sipil adalah sebuah kesalahan.

"Pamen, Pati (Perwira Tinggi) yang tidak dapat jabatan dilibatkan ke institusi sipil, saya rasa itu kebijakan yang salah. Seharusnya anda tambah anggaran di TNI, perintahkan Panglima kembangkan struktur organisasi, kasih anggaran lalu dikasih anggaran yang cukup untuk latihan. Jadi intinya kita akan fokus, jangan sampai ada dwifungsi," tuturnya.

Selain itu, Andre juga bicara soal janji untuk meningkatkan kesejahteraan para prajurit TNI serta personel Kepolisian. Menurutnya, anggaran untuk Polri juga bakal meningkat jika Prabowo-Sandiaga menang.

"Saya ingin pastikan Polri jauh lebih sejahtera dan jauh lebih besar anggarannya kalau Prabowo jadi presiden. Maka kita harapkan Polri harus netral, tidak berpolitik dan berpihak dalam Pemilu ini karena rakyat akan mencatat itu dalam sejarah. Jangan sampai wasit ikut kompetisi," ucapnya.

Sumber: Detik

0 Response to "Debat Keempat Pilpres, Prabowo Siap Tingkatkan Anggaran Hankam Untuk Jaga Kedaulatan NKRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel