Tegas! KPAI Minta Jokowi Beri Contoh Tak Bawa Anak-anak Saat Kampanye

Ahad, 10 Februari 2019

Faktakini.com, Jakarta - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan agar orang tua tidak membawa anak-anak dalam kampanye. Hal ini menanggapi polemik kehadiran cucu presiden Joko Widodo, Jan Ethes di beberapa kegiatan kampanye.

"Undang-undang perlindungan anak Pasal 35 tahun 2014 menyatakan setiap anak memiliki hak dilindungi dari penyalahgunaan kegiatan politik. Bicara perlindungan, setiap anak memiliki hak tumbuh kembang, tidak didiskriminasi," kata Jasra di gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta, Minggu 10 Februari 2019.

KPAI berharap Jokowi bisa melindungi cucunya dan seluruh anak Indonesia dari kepentingan politik Pemilu 2019, sehingga tidak menimbulkan polemik.

"Setuju atau tidak setuju faktanya video Jan Ethes sudah viral ke publik. Ada yang pro ada yang kontra, nah ini kan kajian sendiri bagi KPAI bagaimana pelibatan anak dalam politik itu kan trennya meningkat," ujarnya.

Apalagi bulan Maret kampanye terbuka akan segera dimulai. Ia khawatir anak-anak yang tak tahu apa-apa ini nantinya justru menjadi korban seperti di-bully. "Kecuali dia 17-18 tahun. Dia punya hak pilih, tentu konteksnya pertarungan politik yang sangat tajam," jelasnya.

KPAI berharap Jokowi tidak membawa cucunya terutama pada kampanye terbuka yang akan dimulai bulan depan. KPAI berharap Jokowi bisa memanfaatkan momen itu sebagai contoh.

"Kita berharap ini pintu masuk. Dan presiden harus menyadarkan publik kalau pelibatan anak dalam politik tentu tidak cocok dalam arena itu," ujarnya.

Jasra mengungkapkan, pada Pemilu 2014, khususnya ketika kampanye partai politik (parpol), KPAI mencatat 270 lebih kasus penyalahgunaan anak, dengan 15 bentuk penyalahgunaan. KPAI khawatir jumlah tersebut bisa meningkat pada Pemilu 2019.

"Kita berharap presiden sebagai kepala negara, melindungi 83 juta anak Indonesia, terutama pelibatan anak dalam politik. Soalnya, kecenderungannya naik," katanya.

KPAI juga mengingatkan agar pendukung pasangan capres cawapres Prabowo-Sandi juga tak membawa anak-anak dalam kampanye. 

Jokowi sepertinya perlu meniru SBY saat menjelang Pilpres 2009. SBY tak pernah membawa-bawa cucunya ke tempat kampanye.

Saat bersantai bersama cucunya pun jarang diliput media, paling diupload di akun medsos milik ibu Ani, Sehingga masyatakat pun sangat menaruh respect pada SBY.

Namun bedanya SBY dengan Jokowi saat ini, saat itu elektabilitas SBY sudah dahsyat nan jaya meroket mengawang-awang, SBY tidak perlu melakukan pencitraan apapun untuk memenangi Pilpres 2009, apalagi dengan menonjolkan dan mengeksploitasi kelucuan Almira sang Cucu tercinta yang saat Pilpres 2009 itu berusia sekitar 1 tahun.

Foto: SBY saat bersama cucu-cucunya, tak pernah ia bawa kampanye Pilpres

Sumber: Viva

0 Response to "Tegas! KPAI Minta Jokowi Beri Contoh Tak Bawa Anak-anak Saat Kampanye"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel