Bantah Dukung Jokowi, UAS: Foto Saya Acungkan 1 Jari Itu Saat Pilgub Sumut 2018 Dukung Eramas

Ahad, 10 Februari 2019

Faktakini.com, Jakarta - Walau sudah lama menegaskan dukungan pada Paslon pilihan Ijtima' Ulama dan direstui oleh Habib Rizieq Shihab pada Pilpres 2019 yaitu Prabowo - Sandi, upaya untuk menipu umat terus dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

Salah satunya dengan menyebarkan foto di media sosial yang menampilkan Ustadz Abdul Somad (UAS) sedang duduk di antara dua orang yang mengacungkan jari telunjuknya masing-masing.

UAS juga tampak mengikuti gerakan tersebut sambil menatap mata kamera. Kepada Republika, mubaligh kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, itu memberikan penjelasan.

Dalam foto tersebut, pria di sisi kiri UAS adalah Dr H Umar Syadat Hasibuan, sedangkan di sisi kanannya bernama Musa Rajekshah alias Bang Ijek, Cawagub pada Pilgub Sumut 2018 tersebut.

Paslon Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah (Eramas) pada Pilgub Sumut 2018 itu mendapat nomor urut 1, maka itu UAS yang mendukung Eramas saat itu mengacungkan 1 jari sebagai tanda dukungan pada mereka.

Foto itu sendiri diambil pada 13 Mei 2018. Artinya, konteks waktunya terjadi berdekatan dengan pemilihan umum gubernur Sumatra Utara 27 Juni 2018.

Dalam kontestasi politik itu pasangan Edy Rahmayadi dan Bang Ijek yang didukung UAS menang telak, sehingga menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumatra Utara periode 2018-2023.

Adapun lokasi pengambilan gambar bertempat di rumah Umar Syadat, tokoh Pondok Pesantren Darul Muhsinin, di Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara. Saat foto itu diambil, UAS sedang beristirahat sebelum meneruskan ceramah tabligh akbar yang dihelat lembaga pendidikan tersebut.

“Klarifikasi itu perlu sehingga orang-orang tahu konteks gambar yang beredar,” kata Ustaz Abdul Somad kepada Republika, Ahad (10/2).

Sebagai informasi, Pilpres 2019 diikuti pasangan kandidat petahana, dan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Sementara DR Umar Hasibuan, semenjak Semarin (Sabtu malam/9/2), sudah menyayangkan soal beredarnya foto tersebut. Hal itu memang terkait dengan pilkada Sumut, tidak ada urusannya dengan soal persaingan di Pilpres 2019.

‘’Saya sudah tahu foto itu menyebar. Saya prihatin saja dimainkan atau dipersesikan di media sosial sebagai dukungan kepada calon presiden. Foto itu memang di pesantren kami,’’ kata Umar Syadat Hasibuan.

Foto: Ustadz Abdul Somad (tengah), DR Umar Hasibuan (kiri), Musa Rajekshah (kanan, berfoto di Pondok Pesantren Darul Muhsinin, Labuan Batu, Sumut pada 13 Mei 2018. Foto ini dalam rangka Pilkada Sumut tapi kini disebarkan di media sosial seolah menjadi dukungan pada paslon petahana di Pilpres 2019.

Sumber: Republika

0 Response to "Bantah Dukung Jokowi, UAS: Foto Saya Acungkan 1 Jari Itu Saat Pilgub Sumut 2018 Dukung Eramas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel