Tolak Dukung Jokowi - Ma'ruf, Iluni UI: Jangan Bawa Logo UI Dalam Deklarasi Jokowi!

Sabtu, 12 Januari 2019

Faktakini.com, Jakarta - Makin mendekati Pilpres, aksi pencatutan demi pencatutan nama berbagai komunitas, nampaknya semakin gencar dilakukan oleh kubu Petahana.

Seperti mencatut nama Persib Bandung, Persija, Semen Padang dan sebagainya, yang semuanya telah resmi dibantah oleh klub yang bersangkutan.

Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) Arief B. Hardono menghormati hak pribadi beberapa alumni UI untuk mendukung pasangan calon presiden tertentu dalam pemilihan presiden, termasuk deklarasi dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi – Ma’ruf Amin di Kompleks Gelora Bung Karno pukul 15.00, Sabtu, 13 Januari 2019.

Pemilihan tempat ini di GBK, bukan di UI, secara tersirat makin menegaskan bahwa alumni UI yang asli tidak mendukung Petahana, apalagi alumni UI ada jutaan, sementara yang mengadu mendukung Petahana seperti hari ini ternyata jumlahnya hanya puluhan sampai ratusan saja.

Arief secara tegas meminta kegiatan pendukung Petahana itu tidak mengatasnamakan Lembaga Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia serta harus sesuai Statuta Universitas Indonesia.

"Saya minta juga tidak ada yang membawa makara atau logo UI dan semacamnya dalam acara itu," ujar Arief saat dihubungi Tempo pada Sabtu, 13 Januari 2019.

Arief mengaku diundang hadir ke acara itu, namun dia memilih tidak hadir. "Saya dulu diundang saat deklarasi dukungan untuk paslon 02 juga tidak hadir, sekarang juga tidak. Demi menjaga netralitas."

Pada Desember 2018, Iluni UI memprotes poster deklarasi dukungan yang menyebar dengan menggunakan nama ikatan Alumni Universitas Indonesia dan logo UI.

Dalam poster itu juga ada foto Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono dan beberapa orang berjaket kuning.

Iluni UI mensomasi pihak yang membuat dan menyebarkan poster deklarasi dukungan Iluni UI untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Alasannya, Iluni UI menganggap poster itu telah mencatut lembaganya.

“Yang kami somasi adalah penyalahgunaan nama dan foto atas nama Iluni UI yang digunakan untuk dukungan kepada kontestan tertentu,” kata Ketua Umum Iluni UI, Arief Budhy Hardono dihubungi Sabtu, 15 Desember 2018.

Arief mengatakan beredarnya poster itu meresahkan alumni UI.

Karena itu, Arief mengatakan pihaknya mensomasi pihak yang telah membuat dan mengedarkan poster itu.

Arief menuntut pembuat undangan untuk menarik atau membekukan penyebaran undangan.

Adapun poster dan undangan yang beredar saat ini tidak mengatasnamakan Iluni UI, melainkan Alumni UI. Tidak ada logo UI dan juga foto Ketua Iluni UI dalam poster maupun undangan acara.

Panitia acara deklarasi dukungan UI untuk Jokowi - Ma’ruf, Rulita Anggraini memastikan, yang diprotes oleh Iluni saat itu bukanlah pihaknya.

"Kami adalah Gerakan Alumni UI for Jokowi - Ma’ruf. Kami tidak pernah memakai nama atau melibatkan ILUNI UI sama sekali," ujar Rulita.

Nah, jadi segelintir orang tersebut bukan ILUNI UI, namun cuma alumni yang entah benar dari UI atau tidak. Karena ILUNI UI sebagai wadah resmi secara tegas menyatakan tidak mendukung Jokowi - Ma'ruf.

Sumber: Tempo

1 Response to "Tolak Dukung Jokowi - Ma'ruf, Iluni UI: Jangan Bawa Logo UI Dalam Deklarasi Jokowi! "

  1. Cakeeep
    Contoh nyata Pendidikan politik lima tahunan
    Cari dukungan koq malah mutusin ikatan, semoga ILUNI nggak putus ikatannya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel