Prabowo - Sandi Menang: Bangun Banyak Ruang Pertunjukan Seni Kelas Dunia

Selasa, 29 Januari 2019

Faktakini.com, Jakarta -
Prabowo-Sandiaga tak luput mencantumkan budaya dan lingkungan hidup dalam visi dan misinya di Pilpres 2019. Setidaknya ada 10 pilar yang menjadi konsen pasangan diusung Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN ini.

Prabowo-Sandiaga ingin melestarikan keragaman warisan seni budaya sebagai kekuatan pemersatu bangsa. Kedua, mengembangkan budaya bahari dalam sistem pendidikan nasional.

"3. Memperkuat badan-badan yang ada dalam merevitalisasi bangunan kuno cagar budaya di seluruh Indonesia. 4. Membangun industri berbasis digital yang berorientasi global dengan memberikan insentif dan modal kepada para pelakunya," tulis dokumen visi misi Prabowo-Sandiaga, yang diperoleh merdeka com, Rabu (26/9).

Kelima, Prabowo-Sandiaga ingin memperluas kewenangan dan peran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sebagai ujung tombak pengembangan industri yang berbasis ekonomi budaya.

Selanjutnya, memperjuangkan hak-hak para pekerja seni, seniman dan artis di Indonesia.

Prabowo-Sandiaga juga janji berperan aktif mengatasi perubahan iklim global, sesuai kondisi Indonesia. Kedelapan, memberikan hukuman seberat-beratnya bagi pemilik perusahaan yang terlibat dalam pembalakan liar, kebakaran hutan dan pembunuhan hewan langka yang dilindungi.

"9. Merevitalisasi usaha-usaha pelestarian lingkungan menggunakan kearifan lokal, di wilayah-wilayah yang mengalami degradasi lingkungan yang berat. 10. Meningkatkan perlindungan hewan langka dengan meningkatkan luasan area perlindungan dan konservasi," tulis Prabowo-Sandiaga.

Kubu oposisi ini juga memiliki 18 Program aksi untuk merealisasikan 10 pilar budaya dan lingkungan hidup dalam janji kampanyenya. Berikut 18 program aksi tersebut:

1. Merevitalisasi bangunan-bangunan cagar budaya di seluruh Indonesia, untuk menjadi wisata tujuan sejarah dan pendidikan bagi generasi muda.

2. Mencegah dan menindak tegas pelaku pencemaran lingkungan dan pembakaran hutan serta melindungi keanekaragaman hayati flora dan fauna sebagai bagian dari aset bangsa.

3. Mendorong semua usaha kehutanan dan produk turunannya untuk mendapatkan sertifikat pengelolaan hutan yang diterima pasar global.

4. Merehabilitasi hutan-hutan yang rusak guna melestarikan alam dan satwa liar.

5. Merehabilitasi daerah aliran sungai dan sumber air.

6. Mendorong usaha pertambangan yang ramah lingkungan, dan menertibkan pertambangan liar.

7. Memperkuat perlindungan hukum dan hak cipta atas karya-karya seni budaya yang dihasilkan oleh para seniman nasional.

8. Meningkatkan anggaran untuk penelitian dan pelestarian situs budaya dan sejarah.

9. Menjamin kebebasan para seniman serta pelaku budaya untuk berkarya, menyampaikan pendapat dan berkreasi di muka umum.

10. Mendorong penggunaan kantong plastik yang berbahan nabati dan ramah lingkungan.

11. Memperbaiki tata kelola perdagangan satwa liar dengan mengedepankan pada perlindungan satwa langka, serta mengundang partisipasi yang lebih besar dari sektor swasta dalam usaha-usaha konservasi.

12. Menegakkan pelaksanaan Undang-undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Hak Terkait, agar para artis, seniman, pekerja seni, lebih dihargai secara optimal setiap karyanya, demi kesejahteraan para pelaku Industri kreatif di Indonesia; termasuk mendukung terlaksananya UU Pemajuan Kebudayaan Tahun 2017.

13. Mendorong perbankan nasional untuk membuat produk-produk pembiayaan yang khusus bagi kegiatan industri kreatif dan seni budaya yang produktif.

14. Membentuk holding BUMN yang bergerak di bisnis kreatif, sebagai cara untuk merevitalisasi beberapa BUMN di industri kreatif yang telah lama mati suri.

15. Meningkatkan kualitas institut kesenian negeri di seluruh Indonesia sehingga mampu menghasilkan para pekerja seni dan seniman yang berkualifikasi global.

16. Membangun lebih banyak ruang pameran dan ruang pertunjukkan seni di seluruh Indonesia.

17. Mendorong penyelenggaraan festival budaya di seluruh Indonesia.

18. Meningkatkan kualitas sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berorientasi industri kreatif dan seni budaya.

Sumber: Merdeka

0 Response to "Prabowo - Sandi Menang: Bangun Banyak Ruang Pertunjukan Seni Kelas Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel