KPU Pastikan Debat Capres-Cawapres Diawali Penyampaian Visi Misi

Selasa, 8 Januari 2019

Faktakini.com, Jakarta - Debat pertama capres dan cawapres pada Pilpres 2019 antara Joko Widodo-Ma’ruf Amin vs Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan dilaksanakan pada Kamis (17/1/2018) mendatang. Penyampaian visi misi dipastikan ada dalam acara debat tersebut.

Dalam rapat Komisi Pemilu Umum (KPU) bersama tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, dan Prabowo-Sandi diputuskan debat pertama Pilpres 2019 ini dibagi dalam enam segmen.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan dalam rapat tersebut membahas ‎tata ruang panggung, dan terpenting adalah susunan acara bagi para calon kepala negara tersebut.

“Soal lay out ruangan sudah diputuskan termasuk posisi meja dan kursinya, jumlah undangan juga dan yang terpenting sudah tuntaskan susunan acara debat,” ujar Arief di Kantor KPU, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Arief juga menuturkan, dalam debat perdana menandatang ada enam segmen. Pertama, segmen penyampaian visi dan misi dari masing-masing pasangan calon.

debat pilpres 2019, debat capres-cawapres, pilpres 2019, debat
Peserta Pilpres 2019.

Segmen penyampian visi misi ini sempat diwacanakan bakal ditiadakan dalam debat perdana Pilpres 2019. Namun hal itu terbantahkan dengan uraian Arief.

Kemudian kedua dan ketiga adalah menjawab pertanyaan terbuka. Lalu, nantinya para capres dan cawapres menjawab pertanyaan yang sudah disusun oleh panelis.

Selanjutnya untuk segmen keempat dan kelima adalah, masing-masing pasangan calon melemparkan pertanyaan kepada calon lainnya. “Jadi segmen itu menjawab pertanyaan yang disusu masing-masing paslon,” katanya.

Terakhir keenam adalah, KPU memberikan waktu kepada pasangan capres dan cawapres untuk menyampaikan penutup alias closing dalam debat perdana tersebut.

“Setelah dilakukan debat selesai, kami juga menyepakati akan dilakukan konfrensi pers bersama dari tim kampanye 01 dan tim kampanye 02,” ung‎kapnya.

KPU juga menginginkan, bahwa setiap proses dilakukan bersama-sama para kedua belah pihak dari tim kampanye Prabowo-Sandi dan juga Jokowi-Ma’ruf Amin. Karena ingin menciptakan kultur baru walaupun persaingan tapi tetap bisa bergandengan tangan.

“Kami ingin membangun kultur baru bahwa pemilu ini bisa dilakukan kompetisinya selalu bergandengan tangan,” pungkasnya.

Rencananya, debat pertama capres dan cawapres ini akan disiarkan langsung TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV. Ira Koesno dan Imam Priyono akan menjadi moderator dalam acara yang akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta itu.

Sumber: Repelita

0 Response to "KPU Pastikan Debat Capres-Cawapres Diawali Penyampaian Visi Misi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel