Dua Kali Bercerai, Pemimpin Afrika Nelson Mandela Dikagumi Dunia

Kamis, 31 Januari 2019

Faktakini.com

NELSON MANDELA -pun pernah Cerai 2 (dua) Kali ...

tadinya, saya hendak menulis opini pendamping / pembanding tentang trending topic twitter #IbuNegaraAsyik, tapi saya urungkan karena khawatir akan memicu bully massal terhadap Ibu Iriana Jokowi, yang secara ketatanegaraan beliau itu ( maaf... ) "bukan siapa-siapa", dalam arti kurang bijaksana JIKA kita, meng-ikut2-kan beliau sebagai subyek kritisi.

( NOTE : terlepas dari hingar-bingar politik, kita harus senantiasa berusaha adil, termasuk mem-posisikan Ibu Iriana sebagai sosok Ibu yang harus kita hormati dan kita muliakan, karena beliau tidak ada kewajiban konstitusional yang bisa untuk kita kritisi )

kenapa ada niatan di atas ? itu karena saya men-dapati bahwa tagar #IbuNegaraAsyik yang inspiratif ini ternyata digunakan oleh para buzzer untuk men- "degradasi" personal Prabowo Subianto pada kontestasi Pilpres 2019 ini. padahal ....

PADAHAL, track record pernikahan TIDAKLAH  SELALU  "similar / se- kongruen" dengan kepemimpinan seorang Tokoh !

adalah betul ... bahwa keutuhan keluarga adalah sebuah teladan, akan tetapi mempergunakannya sebagai sesuatu yang  "iconic"  untuk mengUpgrade citra seseorang dalam kontestasi politik adalah sangat naif, absurd dan konyol ! bukankah masih segar dalam ingatan publik, tentang sosok rumah tangga ideal dari Pak BTP dan Ibu Veronica Tan  yang nyaris tanpa cacat : sama-sama rupawan, cerdas dan putra-putri yang komplit. Namun belakangan, justru aib yang mengemuka atas sebab perceraiannya.

dan sebagai bukti pamungkas atas TIDAK SELALU  "similar -nya  / se- kongruen -nya" Fakta Pernikahan dengan Fakta Kepemimpinan,  kita bisa belajar dari kisah sejarah NELSON MANDELA, Legenda Afrika yang kisah perjuangannya sangat fenomenal dan menjadi true story terpopuler abad ini.

---------

Pejuang Anti-Apartheid Afrika Selatan yang pernah dipenjara selama 27 ( Dua Puluh Tujuh ) Tahun hingga akhirnya menjadi Presiden Kulit Hitam pertama di Afrika Selatan itu, TERNYATA PERNAH CERAI 2 ( DUA ) KALI dengan isterinya.

PERTAMA, Nelson Mandela bercerai dengan Evelyn Mase, yang sudah bersama-sama selama 13 tahun, dan selama pernikahan tersebut Gaji dari Mase sebagai perawat adalah penopang hidup utama sementara Mandela muda meneruskan kuliah di fakultas hukum.

KEDUA, Nelson Mandela bercerai dengan Nomzamo Winifred Zanyiwe Madikizela ( atau lebih dikenal dengan Winnie Mandela ), sesorang yang (AWALNYA) sangat setia mendampingi selama 27 Tahun Mandela di dalam penjara. Keduanya resmi berpisah pada Maret 1996 dan saat putusan itu diketuk, Nelson Mandela telah menjadi Presiden Afrika Selatan.

( NOTE : mohon maaf.. saya tidak menulis penyebab dari perpisahan Nelson Mandela dengan mantan-mantan isterinya itu, KARENA  menurut hemat saya  adalah aib dan sangatlah personal )

HINGGA, AKHIRNYA ... Nelson Mandela pada ulang tahunnya ke-80, menikah untuk ketiga kalinya dengan Graca Machel ( janda Presiden Mozambik, Samora Machel ) hingga wafatnya.

====> Link sumber informasi tidak saya sertakan ( karena ada banyak ), tapi insyaAllah informasi ini valid.

----------

APA PELAJARAN DARI KISAH DI ATAS ?  pelajaran yang bisa ditarik adalah :

"Perceraian merupakan Dinamika Pribadi seseorang  YANG TIDAK RELEVAN UNTUK SELALU DIKAIT-KAITKAN dengan kisah sukses kepemimpinannya  !

sebagai contoh pelengkap, Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy JUGA 2 (DUA) KALI BERCERAI, pertama dari istri pertamanya, Marie-Dominique Culioli pada 1982, dan kemudian dari mantan model Cecilia Ciganer-Albeniz. HINGGA akhirnya Sarkozy menikah untuk ketiga kalinya dengan penyanyi sekaligus mantan model asal Italia, Carla Bruni pada 2008 di Istana Elysee, istana presiden Prancis.  ( Note : untuk Indonesia, pasti kita semua sudah mafhum dengan kisah pernikahan dari Bung KARNO )

APALAGI ...

apalagi, di Konstitusi ( UUD 1945 berikut amandemen ) sama sekali tidak ada ketentuan tentang Ibu Negara, yang dengan demikian sama sekali tidak ada peran formil dari seorang isteri Presiden dalam ketatanegaraan Indonesia.

ARTINYA, menonjol-nonjolkan tentang kisah perkawinan JUSTRU patut diduga malah mengkonfirmasi tidak adanya kelebihan lain dari sesorang, karena bicara ttg Kepempimpinan sejatinya adalah bicara soal kemampuan merumuskan Gagasan Besar ( berikut memperjuangkannya ) yang dimaksudkan untuk kepentingan Orang banyak, meski terkadang ada kehidupan pribadi yang terkoyak.

Kepemimpinan TIDAK-LAH CUKUP hanya dengan pembuktian ekspose video-video / foto-foto indah kebersamaan keluarga atau momong cucu hingga menjadi headline utama pemberitaan media massa, Sementara pada kesempatan lain... hanya untuk "sekedar konsisten"  dalam hitungan hari saja tidak mampu, hingga "dikoreksi" oleh bawahannya  😌😔☹️

PENUTUP

Indonesia Negara Besar ( ingat.... kalau ngomongin besar itu tentang penduduk, sumber daya dan potensi lainnya ) dan Negara Luas ( kalau ini bicara ttg KM2 wilayah ), yang itu membutuhkan Leadership yang tegas ! Kecakapan yang mumpuni ! dan Kemandirian yang independen !

_________

===> tapi, maaf ... saya tidak akan ikut2an bilang : "lebih baik duda tapi mandiri, daripada disetir .........

bukan napa2, takut jadi do'a ... saya milih ngomong, "lebih baik suami beristeri 4 tapi rukun & samawa, daripada bujang tak laku-laku ... ☹️😔😌😪

0 Response to "Dua Kali Bercerai, Pemimpin Afrika Nelson Mandela Dikagumi Dunia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel