Menakjubkan! Foto Terbaru Kawah Korolev Di Planet Mars Yang Dipenuhi Es

Sabtu, 22 Desember 2018

Faktakini.com, Jakarta - Keberadaan air di Planet Mars masih menjadi topik menarik yang menjadi perhatian peneliti. Namun, yang pasti saat ini, ada banyak es yang menghiasi Planet Merah.

Fakta tersebut dibuktikan melalui foto terbaru dari mis Mars Express, milik European Space Agency (ESA).

Misi Mars Express diluncurkan pada 2 Juni 2003, terdiri dari Mars Express Orbiter dan Beagle 2 (Lander) dengan tujuan untuk membantu menjawab pertanyaan mendasar tentang geologi, atmosfer, lingkungan permukaan, sejarah air dan potensi kehidupan di Mars.

Berhasil mencapai Mars enam pada 25 Desember 2003. Mars Express Orbiter telah mengorbit di sekitar planet ini selama 15 tahun terakhir.

Wahana antariksa tersebut berhasil menangkap gambar menakjubkan dari Kawah Korolev di Mars.

Kawah Korolev ditemukan di dataran rendah Mars bagian utara, tepat di sebelah selatan dataran besar yang dipenuhi gundukan pasir yang mengelilingi bagian dari kutub utara planet (dikenal sebagai Olympia Undae). Ini adalah contoh kawah mars yang sangat terawat baik dan diisi bukan oleh salju tetapi es.

Kawah Korolev yang memiliki diameter 81,4 kilometer itu dipenuhi dengan es sepanjang tahun. Dasar kawah sangat dalam, sekitar 2 kilometer di bawah permukaan. Dari dasar kawah, tercipta kubah es dengan tebal 1,8 kilometer dan diameter hingga 60 kilometer. Dilihat dari volumenya, kawah mengandung sekitar 2.200 kilometer kubik es.

Seperti Bumi, Mars juga memiliki musim. Dan sama dengan planet kita, musim yang lebih hangat di Mars seharusnya menyurutkan lapisan es di sana. Namun, Kawah Korolev memiliki fitur geologis yang dikenal dengan sebutan 'perangkap dingin'.

Ketika udara bergerak di atas es, itu akan mendingin dan membeku–menghasilkan lapisan udara dingin yang berdiri tepat di atas es. Karena udara merupakan konduktor panas yang buruk, lapisan dingin kemudian bertindak sebagai isolator yang melindungi es dari hawa yang lebih hangat agar tidak meleleh. Jadi ketika musim berubah, kawah Korolev masih tetap dipenuhi es.

Untuk diketahui, Kawah Korolev pertama kali ditemukan pada misi NASA Mariner dan diberi nama pada tahun 1973 dari nama Sergei Korolev, seorang insinyur roket dan perancang pesawat ruang angkasa yang dikenal sebagai bapak teknologi luar angkasa Soviet.

Korolev memimpin program luar angkasa Soviet dan secara terkenal mengalahkan Amerika ke luar angkasa. Soviet, di bawah kepemimpinan Korolev, mengirim manusia dan satelit pertama ke luar angkasa.

Mars Express, yang akan merayakan ulang tahunnya ke-15 di orbit Mars pada 25 Desember mendatang, telah beberapa kali melewati kawah Korolev tahun lalu. Ia menangkap gambar di sana dengan menggunakan instrumen High Resolution Stereo Camera (HRSC).

Selain foto, peneliti juga membuat peta topografi berwarna untuk menunjukkan elevasi kawah dan wilayah sekitarnya.

Referensi:

http://nationalgeographic.grid.id/read/131272132/menakjubkan-foto-terbaru-ungkap-kawah-mars-yang-dipenuhi-dengan-es
https://mashable.com/article/mars-ice-korolev-crater-photo-esa/#sDW_p1qgHsq7

0 Response to "Menakjubkan! Foto Terbaru Kawah Korolev Di Planet Mars Yang Dipenuhi Es"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel