Isu Habib Rizieq Ditangkap Dan Bebas Karena Dijamin KBRI Saudi, Kemlu RI: Itu Hoax!

Kamis, 8 November

Faktakini.com, Jakarta - Telah beredar isyu liar bahwa Habib Rizieq Shihab ditangkap oleh aparat Arab Saudi di Mekkah, lalu beliau baru bisa bebas setelelah KBRI di Arab Saudi memberikan jaminan.

Untuk itu dengan tegas Kementerian Luar Negeri membantah laporan yang menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi telah memberikan jaminan untuk membebaskan Pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab dari pemeriksaan pihak berwenang Arab Saudi.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa pembebasan WNI yang terkena kasus hukum bukanlah bagian dari tugas perwakilan RI di luar negeri.

"Tugas Perwakilan RI bukan membebaskan seseorang, apalagi memberikan jaminan. Setiap orang harus bertanggungjawab sendiri atas tindakannya. Tugas Perwakilan adalah memberikan pendampingan kekonsuleran, untuk memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi. Itulah yang dilakukan oleh KJRI Jeddah dalam kasus ini," kata Iqbal kepada media, Kamis (8/11/2018).

Pernyataan itu disampaikan untuk mengklarifikasi dan membantah laporan yang menyebutkan Habib Rizieq dibebaskan dari tahanan pihak berwenang Arab Saudi dengan jaminan dari Kedutaan Besar RI di Riyadh.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, pada 5 November, Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan oleh otoritas Arab Saudi yang mendapat laporan ada bendera ISIS yang terpasang di kediamannya.

Keterangan dari Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyatakan bahwa Habib Rizieq telah dibebaskan dengan jaminan pada 6 November malam.

Foto: Habib Rizieq saat bersama tamu-tamunya di Mekkah, Arab Saudi, Rabu (7/11/2018), beliau baik-baik saja

Sumber: Okezone

0 Response to "Isu Habib Rizieq Ditangkap Dan Bebas Karena Dijamin KBRI Saudi, Kemlu RI: Itu Hoax! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel