Ini Skema Jadwal Debat Pilpres 2019

Jumat, 30 November 2018

Faktakini.com,Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggelar debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019 sebanyak lima kali.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait perencanaan waktu diselenggarakannya debat.

Rencananya, debat digelar pada Januari-April 2019.

"Kemarin sudah kami usulkan tanggal 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, sama 13 April," kata Arief di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Baca juga: KPU Berencana Gelar Debat Pilpres di Jakarta dan Surabaya

Opsi kedua, debat akan diselenggarakan sebanyak 5 kali dalam kurun waktu Januari-April 2019 pada hari Rabu.

Pemilihan tanggal dan hari debat tersebut disesuaikan dengan tanggal dan hari pemungutan suara, yaitu 17 April 2019.

Meski demikian, jadwal ini masih berupa draf dan masih bisa berubah.

Arief menyebutkan, KPU masih harus melalukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti lembaga penyiaran yang akan menyiarkan debat hingga lokasi penyelenggaraan.

"Kan saya belum menghubungi tempatnya. Tiba-tiba saya minta 17 Februari tapi ternyata tempat yang saya mau pakai, maaf Pak sudah ada orang, nah kan sudah harus ganti lagi," kata Arief.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, pihaknya menargetkan persiapan perencanaan debat Pilpres selesai pada Desember 2018 agar debat pertama dapat diselenggarakan Januari 2019.

"Semua persiapan itu dilakukan di bulan Desember terutama untuk debat sesi pertama yang dilaksanakan di bulan Januari, Desember harus selesai. Tapi nanti, yang Februari, Maret, April kan bisa sambil jalan. Tapi desain besarnya sudah kami selesaikan sekarang," ujar Arief.

Sumber: Kompas

0 Response to "Ini Skema Jadwal Debat Pilpres 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel