Timnas U-16 Siap Kalahkan Australia Dan Lolos Ke Piala Dunia U-17

Senin, 1 Oktober 2018

Faktakini.com, Jakarta - Tim nasional (timnas) sepak bola U-16 Indonesia menganggap laga melawan Australia di perempat final Piala U-16 Asia 2018, Senin (1/10), adalah partai final.

Pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini menyatakan, hal itu karena partai kontra Australia merupakan laga penentu apakah Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia U-17 tahun 2019 atau tidak.

"Bagi kami pertandingan besok itu partai final. Karena itulah saya menekankan pentingnya memperkuat aspek mental kepada anak-anak," ujar Fakhri Husaini di Selangor, Malaysia, Ahad (30/9).

Menurut Fakhri, anak-anak asuhnya sangat antusias dan bermotivasi tinggi menyambut pertandingan tersebut. Ia tidak ingin hal itu berubah menjadi kepercayaan diri yang berlebihan. "Saya mencoba mengendalikan itu supaya tidak menjadi bumerang kepada tim. Mereka harus hormati lawan, tetapi tak perlu khawatir apalagi sampai minder," kata pelatih asal Aceh tersebut.

Meski demikian, Fakhri yakin dengan ketangguhan mental para pemainnya. Hal itu ditunjukkan ketika Indonesia menundukkan timnas Thailand di Thailand saat menjalani kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 pada September 2017 dan mengalahkan tuan rumah Jepang untuk menjadi juara di turnamen remaja U-16 Jenesys tahun 2018.

Adapun pertandingan babak perempat final Piala U-16 Asia 2018, Indonesia versus Australia akan digelar pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, mulai pukul 16.30 waktu Malaysia atau 15.30 WIB.

Pemenang laga ini dipastikan melaju ke Piala Dunia U-17 tahun 2019, mengisi satu slot untuk empat tim U-16 terbaik dari Asia.

Australia lolos ke delapan besar setelah merebut runner-up Grup D dengan mengoleksi enam poin dari tiga laga. Di fase grup, Australia menelan sekali kekalahan 0-3 yakni kala berhadapan dengan Korea Selatan.

Indonesia berhasil menyegel satu tempat di perempat final usai menjadi juara Grup C dengan catatan satu kemenangan dan dua hasil seri dari tiga pertandingan.

Sementara itu, Indonesia hanya berhasil sekali dari enam kali keikutsertaannya.

Ada pun dalam pertemuan terakhir, Indonesia kalah telak 3-7 pada Piala AFF U-15 2017 yang kala itu dihelat di Thailand. Menanggapi hal tersebut, pelatih timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, bersikap cuek dan menegaskan tidak terlalu peduli dengan catatan statistik.

"Statistik itu tidak ada di sepak bola, saya tidak percaya hal itu. Ini sepak bola, apa pun bisa terjadi,” ujarnya dilansir dari laman resmi PSSI melalui Bolasportcom.

Namun demikian, peluang timnas U-16 Indonesia tetap terbuka untuk memenangi laga melawan Australia.

Timnas U-16 Indonesia bisa mengandalkan trisula serang di lini depan. Dalam tiga laga di fae grup, timnas U-16 Indonesia mengandalkan tiga tiga penyerang dengan satu striker yang disokong dua pemain sayap.

Meskipun pada fase grup, timnas U-16 Indonesia hanya mampu mengemas tiga gol dan satu kali kebobolan.

Prediksi susunan pemain timnas U-16 Indonesia vs Australia :

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi

Belakang: Komang Teguh Trisnanda, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian, Amiruddin Bagas Kaffa

Tengah: David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah

Depan: Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Diego Zico, Mochamad Supriadi

*Dari berbagai Sumber

1 Response to "Timnas U-16 Siap Kalahkan Australia Dan Lolos Ke Piala Dunia U-17"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel