Jagoan! Khabib Nurmagomedov Kalahkan McGregor di Ronde Keempat UFC

Ahad, 7 Oktober 2018

Faktakini.com, Jakarta - Khabib Nurmagomedov berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan UFC setelah menang submission atas Conor McGregor di ronde keempat pada pertarungan di T-Mobile Arena, Las Vegas, Minggu (7/10) siang WIB.

Khabib langsung berusaha memaksa MCGregor melakukan pertarungan bawah sejak awal ronde pertama. McGregor tidak mampu berbuat banyak di ronde pertama karena Khabib terus menahannya di lantai.

Ronde kedua menjadi milik Khabib. Sebuah hook kanan petarung asal Rusia itu masuk telak ke wajah McGregor. Meski sempat goyang, McGregor berhasil mempertahankan posisi. Petarungan bawah pun terjadi setelah pukulan telak tersebut hingga akhir ronde pertama.

Khabib menunjukkan kemampuannya melakukan pertarungan atas di ronde ketiga. Juara bertahan kelas ringan UFC itu mampu meladeni pertarungan atas McGregor. Ronde ketiga terbilang berimbang.

Di ronde keempat Khabib akhirnya sukses mengunci McGregor dengan mencekik leher pertarung asal Republik Irlandia tersebut. McGregor memutuskan menyerah dengan melakukan tap saat ronde ketiga berjalan 3 menit dan 3 detik. Khabib pun berhasil mempertahankan gelar dan memperpanjang rekor kemenangan menjadi 27 pertarungan.

Kondisi menjadi buruk usai pertarungan. Khabib menyerang tim McGregor di luar oktagon. McGregor juga sempat mendapat serangan dari kubu Khabib di dalam oktagon.

Usai pertarungan tidak ada wawancara dengan petarung. Presiden UFC Dana White memutuskan untuk tidak melakukan penyerahan sabuk juara kepada Khabib. Kedua petarung kemudian dibawa keluar oktagon.

Suasana tak kondusif mengakhiri jalannya laga UFC (Ultimate Fighting Championship) antara Conor McGregor melawan Khabib Nurmagomedov.

Bagaimana tidak? Usai memenangkan laga sengit tersebut, Khabib melakukan aksi tak terduga.

Bukannya melakukan selebrasi seperti yang biasanya dilakukan seorang pemenang, Khabib langsung keluar dari oktagon untuk memukuli rekan-rekan Conor McGregor.

Usai kejadian ricuh tersebut, Khabib Nurmagomedov yang telah menenangkan dirinya kemudian memberikan permintaan maaf atas kelakuan tak terpujinya.

Hal ini disampaikannya dalam jumpa pers seusai laga.

Dilansir TribunWow.com dari ESPN, Khabib memulai konferensi pers yang ada dengan ucapan maafnya tersebut.

"Pertama-tama, saya ingin ucapkan maaf kepada Komisi Atletik Nevada dan para penonton di Las Vegas" ucap Khabib memulai pernyataannya kepada wartawan.

Khabib kemudian melanjutkan permintaan maaf tersebut dengan penjelasan terkait alasan kenapa ia melakukan aksi tak terduganya.

"Saya sadar betul ini bukanlah 'sisi' terbaik saya, namun saya tegaskan lagi saya juga seorang insan manusia." sebut petarung asal Dagestan, Rusia itu.

"Saya heran, kenapa orang-orang lebih menyoroti aksi saya yang menyerang mereka (rekan-rekan Conor) saja, coba anda lihat bagaimana ia (Conor McGregor) membahas soal agama saya, negara saya, ayah saya."

"Coba ingat juga di Brookyln (UFC 223) saat ia menyerang bus saya, coba ingat kejadian ini! Ingat lagi! Kenapa orang-orang lantas mempertanyakan kelakuan saya usai mendapatkan kelakuan (Conor) tersebut."

Seusai menjelaskan alasan penyerangannya, Khabib juga mengomentari lawan mainnya selama jalannya pertandingan.

"Saya selalu tahu dari awal laga bahwa ia akan menyerah, tak hanya Conor, seluruh rekan-rekannya adalah mesin yang menyerah karena kuncian saya."

"Dan karena itulah, Alhamdulillah gelar lightweight UFC itu masih saya pegang dengan rekor tak terkalahkan" pungkas Khabib.

Berikut pernyataan lengkap Khabib dalam jumpa pers.

Dari awal dibunyikan bel pertandingan, Khabib sendiri sudah berusaha meluncurkan kuncian ke arah Conor.

Melansir dari akun Twitter official UFC, tampak petarung asal Dagestan, Rusia itu sudah menyasar lutut kanan Conor dari awal laga.

Kuncian ini jadi inti jalannya laga di ronde pertama sebelum bel istirahat dibunyikan.

Di ronde kedua, Conor kembali dikejutkan Khabib kali ini lewat salah satu hantaman hook dari tangan kanannya yang dilanjutkan serangan lutut.

Posisi Conor yang tertatih-tatih pun dimanfaatkan oleh Khabib lewat kunciannya yang kemudian dilanjutkan dengan pukulan-pukulan telak di kepala.

Laga di ronde kedua pun diakhiri dengan Conor yang akhirnya bisa berdiri dan mulai melepaskan diri dari kuncian Khabib.

Pada ronde ketiga, laga diawali dengan aksi tukar pukulan dan tendangan serta kuncian yang lebih sedikit dari dua babak sebelumnya.

Khabib sendiri tampak tak canggung ketika diajak bertanding dengan gaya berdiri oleh Conor.

Pertukaran pukulan yang ada di ronde ketiga ini pun diakhiri oleh Khabib yang lagi-lagi kembali unggul lewat kunciannya.

Di ronde keempat, Conor yang mulai menampakkan kelelahannya kembali berhasil dikanvaskan kembali oleh Khabib lewat sebuah takedown.

Karena kelelahan dengan kuncian-kuncian Khabib yang mematikan, strategi cekikan leher dari Khabib di akhir ronde ke-4 akhirnya berhasil membuat Conor menyerah.

Hasil ini mengantarkan Khabib Nurmagomedov untuk memperpanjang rekor pertandingannya menjadi 27 kemenangan tanpa sekalipun menelan kekalahan ataupun hasil seri.

Sementara itu, Conor McGregor terpaksa harus kembali menambahkan jumlah kekalahan di UFC menjadi 4 kali. (*)

*Dari berbagai sumber

Saksikan siaran ulang
Khabib kalahkan McGregor di UFC229, malam ini di TV One pukul 23.00 WIB.

0 Response to "Jagoan! Khabib Nurmagomedov Kalahkan McGregor di Ronde Keempat UFC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel