Dahsyat! Belum Jadi Presiden Prabowo Sudah Masuk Daftar 500 Muslim Paling Berpengaruh Dunia

Sabtu, 20 Oktober 2018

Faktakini.com, Jakarta - Bukan seorang Presiden, bukan seorang Menteri, tetapi Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Yordania memasukkan nama Prabowo Subianto ke dalam daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia pada 2019.

Para tokoh Muslim Indonesia yang berpengaruh beragam, mulai dari politikus, ulama, hingga seniman.

Nama Jokowi juga masuk daftar tetapi itu tentu bukan hal istimewa karena ia memang sedang berstatus sebagai Presiden negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Publikasi ini ditetapkan untuk mempertegas keberpengaruhan sejumlah Muslim di masyarakat atau yang mewakili masyarakat itu, tertulis dalam pembukaan ringkasan berjudul The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2019 yang dilansir laman www.themuslim500.com pada Jumat (19/10).

Daftar tersebut disusun Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan (RSISC) yang diklaim sebagai institusi riset independen. Institusi itu terafiliasi dengan Institut Pemikiran Islam Aal al-Bayt yang diklaim sebagai institut internasional Islam yang tak terikat negara manapun, meski bermarkas di Amman, Yordania.

Tolok ukur pengaruh para tokoh itu dinilai dari siapa pun yang memiliki kekuasaan, baik secara budaya, ideologi, keuangan, maupun politik, untuk membuat perubahan dan mem berikan dampak signifikan bagi dunia Islam. Daftar Muslim paling berpengaruh pada 2019 tersebut dipuncaki Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Sementara, di tempat kedua ada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Raja Abdullah II dari Yordania berada di posisi ketiga, disusul Pemimpin Besar Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Raja Maroko Muhammad VVI

Terdapat 13 kategori individu Muslim yang tercakup dalam buku itu, yakni akademisi bidang agama, politisi, pejabat urusan agama, ustaz dan pembimbing agama, pegiat sektor filantropi/amal dan pembangunan, isu sosial, bisnis, iptek, seni dan budaya, pelantun Alquran, media, bintang olahraga dan selebritas, ataupun ekstremis.

Prabowo Subianto juga selain masuk diantara daftar 500 Muslim paling berpengaruh tersebut, beliau juga menduduki posisi ke-32 tokoh paling populer di media sosial.

Sungguh luar biasa, padahal Prabowo tidak berstatus sebagai Presiden, Menteri atau jabatan pemerintahan lainnya.

Tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menilai daftar yang disusun RSISC sedianya memiliki maksud baik. Kendati demikian, menurut dia, patokan keberpengaruhan yang mereka pakai tidak dilihat secara substantif, seperti pengaruh ide.

"Ini upaya yang baik, proyek yang bagus. Namun, bagi mereka seharusnya dari tahun ke tahun juga diperbaiki," ujar Din kepada Republika.co.id.

Foto:  Prabowo saat bersama Habib Rizieq Shihab

Sumber: Republika

0 Response to "Dahsyat! Belum Jadi Presiden Prabowo Sudah Masuk Daftar 500 Muslim Paling Berpengaruh Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel