Inilah Sambutan Istimewa Rabithah Alawiyah Untuk Sandiaga Uno

Jum'at, 28 September 2018

Faktakini.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Sandiaga Salahuddin Uno, mendapat sambutan istimewa saat mengunjungi organisasi induk para habaib se-Indonesia dan dunia, Rabithah Alawiyah, Rabu (26/9/2018). Kedatangan Sandiaga disambut hangat sejumlah pengurus organisasi Islam tersebut.

Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zein Bin Umar Sumaith menyambut langsung kedatangan Sandi. Kepada Sandi, Habib Zein menjelaskan kiprah Rabithah yang selama ini hanya bergerak dan fokus di bidang pendidikan, sosial, dan dakwah.

Karena fokusnya sebagai lembaga nonpolitik maka Rabithah tidak dalam kapasitas mendukung siapa pun capres ataupun cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2019.

Namun, Habib Zein menyoroti tiga kriteria yang hendaknya dipegang kepemimpinan Indonesia. “Pertama jujur, amanah, dan menunaikan janjinya kepada rakyat,” ujar Habib Zen di sela-sela kunjungan Sandiaga itu.

Dari penjelasan tersebut tentu tersirat jelas bahwa pemimpin yang tidak menepati janji-janjinya tidak boleh dipilih lagi.

Habin Zein kemudian berharap siapa pun yang akan terpilih sebagai pemimpin negara agar tetap memperhatikan kepentingan seluruh umat. Tidak hanya umat Muslim, Habib Zein juga meminta agar kalangan non-Muslim tetap mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Ini sesuai dengan cita-cita Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung prinsip ketuhanan yang maha esa.

Habib Zein juga menekankan perlunya capres dan cawapres untuk memiliki visi yang jelas dalam memajukan dan menyejahterakan umat dan menjaga keutuhan bangsa, serta memiliki komitmen untuk menjadi bangsa ini bangsa yang mandiri.

Selain itu, dipesankan pula agar penghormatan kepada Ulama dan Tokoh Agama serta penjagaan kepada mereka menjadi prioritas siapapun yang terpilih nanti. Demikian juga halnya dengan penegakan hukum yang berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, tanpa pandang bulu.

Pertemuan yang berlangsung secara santai dan penuh senda gurau tersebut diakhiri dengan doa munajat kepada Allah SWT agar pilpres mendatang menghasilkan yang terbaik bagi negeri ini.

Sebelumnya Rabithah sudah lebih dahulu di kunjungi oleh cawapres Ma’ruf Amin pada Jumat (7/9) kemarin. Kedatangan Ma’ruf juga disambut langsung Habib Zein bin Umar Sumaith.

Habib Zen menegaskan, Rabithah menyambut baik kedatangan Sandi maupun Ma’ruf Amin. Tapi terkait pilihan, ormas yang berdiri sejak 1928 membebaskan pada seluruh anggotanya untuk memilih sesuai hati nurani.

“Sesuai khittahnya, Rabithah Alawiyah tidak dalam posisi memberikan dukungan kepada pihak manapun, karena berdiri di atas kepentingan semua umat Islam dan bangsa Indonesia secara umum. Oleh karena itu, maka kunjungan-kunjungan itu tidak dipandang sebagai bentuk dukungan politik tetapi harus diartikulasikan sebagai sebuah silaturahmi antarkomponen bangsa,” kata Habib Zen.

Habib Zen pun terbuka dengan pihak manapun yang ingin bersilaturahim atas semangat persaudaran sesama anak bangsa.

“Rabithah Alawiyah terbuka bagi siapa saja yang ingin bersilaturahmi. Karena kita semua bersaudara dalam Islam (ukhuwah Islamiyah) dan bersaudara dalam kebangsaan (ukhuwahwathoniyah)” ujar Habib Zen.

Foto:  Gelak tawa Sandiaga Uno bersama Habib Zein bin Smith

Sumber: Republika

0 Response to "Inilah Sambutan Istimewa Rabithah Alawiyah Untuk Sandiaga Uno"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel