Jokowi Puji Anies: Pelican Crossing Tepat, Bundaran HI Kini Jadi Indah Dan Cantik

Kamis, 3 Agustus 2018

Faktakini.com, Jakarta - Berbagai gebrakan dan terobosan cerdas yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Haji Anies Baswedan Ph.D terus menuai pujian deras masyarakat termasuk Presiden Jokowi.

Jokowi memuji Pelican Crossing yang dilakukan Anies untuk mengganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan Bundaran HI yang dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta.

Setelah JPO tersebut dibongkar, dibuatkan fasilitas pelican crossing nan modern yang memudahkan masyarakat untuk menyeberang tanpa naik tangga JPO.

Pelican crossing memudahkan pengguna kursi roda, ibu hamil, orang tua sehingga mereka tidak perlu naik-turun tangga, tapi cukup menggunakan crossing seperti ini. Pelican Crossing telah digunakan di Jerman, Malaysia dan banyak negara lainnya.

"Ya bagus bagus (diganti) artinya sebetulnya fasilitas pelican crossing ini kan memudahkan masyarakat agar untuk tidak usah naik tinggi-tinggi yang pertama. Sebagai penggantinya dipasang pelican crossing sementara, sebelum pembangunan jembatan underpass selesai dibuat", kata Jokowi saat meninjau pelican crossing di Bundaran HI, Kamis (2/8/2018).

Disamping itu juga, menurut Jokowi, jika dilihat dari sisi estetika JPO sangat mengganggu penglihatan. Jokowi menilai pemandangan Bundaran Hotel Indonesia (HI) kini menjadi lebih indah, setelah jembatan penyeberangan orang (JPO) dibongkar.

"Yang kedua dilihat dari sisi estetika JPO itu kalau di sini ya secara estetika ganggu, Kalau enggak ada kan lebih cantik, lebih indah Bundaran HI", ujar Jokowi saat meninjau pedestrian di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Jokowi menuturkan, dengan digantikannya JPO menjadi pelican crossing wajah Jakarta lebih terlihat cantik. "Lebih cantik lebih indah. Ini keputusan tepat dari Pemprov DKI," ucap Jokowi.

JPO di Bundaran HI yang dibongkar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu‎, sering digunakan oleh pejalan kaki dari depan Hotel Pulman ke Hotel Hyatt, maupun sebaliknya.

Saat peninjauan jalur pedestrian ‎di Jalan Sudirman, Jokowi yang ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, turut menjajal pelican crossing dari depan Hotel Hyatt ke Hotel Pulman.

Pelican crossing tersebut dilengkapi lampu penyeberangan dengan memencet tombol, agar memudahkan pejalan kaki menyeberang saat banyak kendaraan.

Gubernur DKI Jakarta Anies menceritakan bahwa pada hari Kamis (2/8/2018) sore sekitar pukul 15.30 WIB ia mendapat kabar bahwa Presiden Jokowi akan meninjau trotoar Sudirman-Thamrin. Anies kemudian menjemput Jokowi dan bersama-sama meninjau proyek trotoar.

Anies menyatakan, "Alhamdulillah beliau (Jokowi) pun merasakan suasana berjalan kaki yang amat nyaman. Lalu, saya ajak Bapak Presiden untuk meninjau sekitar Bundaran HI dan mencoba Pelican Crossing. Beliau setuju, lalu sama-sama kita ke areal Bundaran HI."

"Di sanalah, bersama-sama dengan Ibu (ibunda Anies), kami meninjau dan menyeberang jalan Thamrin dengan menggunakan Pelican Crossing. Kami ingin membuktikan bahwa Pelican Crossing tidak hanya mudah untuk pejalan kaki, juga ramah bagi warga difabel termasuk orang tua", demikian lanjut Anies.

Anies mengatakan bahwa beberapa hari ini Ibunya kerap bertanya tentang Pelican Crossing. Beliau baca di berbagai WA grup dan di berita, ingin tahu seperti apa Pelican Crossing itu.

Anies sang anak Sholeh ini kemudian mengatakan, "Karena Jumat besok Ibu akan pulang ke Jogja, jadi tadi pagi kita janjian untuk sore ini mencoba Pelican Crossing. Sebagai pengguna kursi roda, bagi ibu JPO itu amat menyulitkan. Saya katakan pada Ibu, kan belum pernah nyeberang jalan Thamrin, nanti Anies yang dorong. Beliau setuju.".

"Sebuah kebahagiaan tersendiri, bisa mengantar Ibu dengan kursi rodanya merasakan manfaat penyeberangan yang ramah bagi pengguna kursi roda.", tutup Anies.

Berikut beberapa komentar Netizen di akun resmi Anies Baswedan:

Ummu Neng Khonsaaura
Weiiih gubernur gue emang kereen, sholeh lagi.... Dan dia sangat menghormati ibunya dgn begitu baik.... Ah... Banyak sekali contoh yg bapak kasi buat kami ini... Sehat dan sukses selalu pak gubernur kebanggaan....

Muhammad Yusron
Terharu sekali...sangat sayang pak anis dengan ibunya......pintu surga terbuka bagi pak anis....aamiin

Miswanto Anto
Mantap..
Lanjutkeeennn, Gubernur rasa presiden dan yg satu Presiden Rasa...

Dee Rachman
Ya Allah...sampai mbrebes mili bacanya. Pak Anies yg selalu santun dan penuh kasih kpd siapapun..hormat dan menyayangi IBUnya..adakah Gubernur yg lebih kharismatik dari beliau ini?
Religius, Low profile..wise, cerdas dan penuh kasih..
Barakallah pak Anies..semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam mengemban tugas sbg pemimpin Jakarta..suri tauladan untuk 'Pemimpin' yg lain

Ahmad Beltian Winner
Anyway singkatannya Anies Baswedan Sama kayak saya ya Ahmad Beltian winner (ABW). Hahahaha. Mudah mudahan saya bisa menjadi pemimpin juga kelak seperti beliau.

Yuni Delimayanthi
Subhanallah Gubernur Indonesia yg satu ini warbiazaah.....makasih pak Anies atas segala upaya nya memajukan negri ini dan memikirkan kepentingan masyarakat ibu kota....salut buat bpk dan Barakallah buat ibu pak Anies yg sdh membesarkan pak Anies dan tumbuh menjd anak yg patut di banggakan.....

Eccy Firdaus
Presiden ny yg mna ya.. Apa yg pke kacamata...
Subhanaallah pak anis...

Rian Ran
Saya bukan warga jakarta/tinggal di jakarta,, tpi entah kenapa hati saya terenyuh ketika melihat hal2 yg seperti ini,, apalagi saat melihat pas pak anis berkerumun dgn anak2 SD,

Dien
Keyen goodbener indonesia....ibu adalah keramat kita, siapa yg taat dan hormat kpd ibunya maka Alloh angkat derajatnya ketempat yg paling mulia....dan itu sdh dibuktikan oleh seorang anies baswedan....bravo pak gubernur

Lia Yulia
Masya Alloh...pak Anies selain pinter, dan humble ternyata beliau juga anak yg bakti pada ibunya...ibuuu beruntung sekali ibu punya anak sholeh yg hebat dan bermartabat...

Rio Aikawa
Mantap, Pak!...memang dah saatny kita belajar mengalah/ menghormati pengguna jln kaki...mungkin awalnya merepotkan tapi nanti juga akan terbiasa...seperti halny dulu saat peralihan minyak tanah ke tabung gas melon...

Eyate Eyate
Inilah bukti kalau 'membereskan Jakarta itu gak sulit-sulit amat' apalagi 'jika saya (dia) jadi presiden'. Tak sulit-sulit amat membuat dolar dibawah sepuluh ribu rupiah jika 'saya' menjadi presiden Amerika serikat. Semoga terus maju Jakarta dan semakin humanis pemimpin Indonesia

Galuh Obriellion
ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺗﺤﺖ ﺍﻗﺪﺍﻡ ﺍﻻﻣﻬﺎﺕ
Surga itu dibawah telapak kaki ibu
Insyaallah pak anis selamat dunia akherat, karena selalu mengutamakan ibunya. Masyaallah

Kamaliyah Rahmayati
Saya merasa nyaman ketika berkunjung ke Jakarta pada awal bulan juli kemarin dibandingkan sebelum-sebelumnya. Semoga jakarta semakin nyaman untuk dikunjungi saat ini dan masa mendatang. Amin.

Emi Emi
Pokoe pk Anis&sandi keren ,gubernur yg gk sia2 dipilih oleh masyarakat Jkrt ,semua prilakunya dan ginerjanya ok moga2 gubernur2 yg terpilih didaerah lainpatut contohpk Gubernur Jkrt

Ahmad Rifa'i
Tolong sampain pak kpd dia bapak tenang aja jangan ngurusin jalanan biar sy aja kmu g akan kuat....maff sy g bangga dia bikin jalanan sebab selevel itukah org paling penting mikirin bangsa ini hanya untuk jalanan sdngkan utang negara senajuk apa apa mahal aset BUMN mau dijual bahkan dollar naik hadeeehg....seharusnya jalanan itu cukup gubernur walkot aja mampu bahkan camat sekalipun kelurahan mampu mengatasi jalanan .....yg sy mau dia nomer 1 itu memikirkan kemajuan ekonomi bangsa ni meninggikan nilai nilai perpajakan soal org asing dan aseng dan menjaga kewibawaan negri ini pd negri luar.....gimana mau wibawa negri ni sekelas mentri aja daging mahal jawabnya kaya org kongkoh di warkop daging mahal makan keong cabe mahal tanem sndiri masya allah sekelas mentri otaknya sperti org org kongkoh diwarkop luar biasaaa sakitnya hati ni sbagai rakyat

Antje Mtz
Btw di luar pemandangan yg menyejukkan melalui pak anies dg bundanya..rasanya saya pun perlu mempberikan apresiasi bahwa wajah Presiden Jokowipun terlihat happy, enjoy dan tanpa basa basi ketika berjalan beriringan maupun ketika bertegur sapa dengan Ibunda Gubernur Anies. Benar adanya bahwa lingkungan sekitar yg baik pengaruh secara positif dan sebaliknya.

Abi Manyu
Tetap love pak anies apalagi kalo uda sama ibu nyaa yaah allah masyaallah jadikan anakku laki laki ku seperti pak anies cinta ibunyaaa aamiin semoga sehat selalu yaa pak semoga terus amanah saya bangga,.....

Risma Zebua
Luar biasa gubernur kita disela kesibukannya masih sempet-sempetnya membawa ibundanya keliling melihat jalan thamrin dengan kursi roda. Tidak semua anak bisa begitu lho... mau merepotkan dirinya sendiri hanya demi menyenangkan hati ibundanya... ngomong2 tetangga sebelah koq tidak pernah ngajak bundanya jalan-jalam atau foto sungkeman bareng bundanya..hiks...hiks



1 Response to "Jokowi Puji Anies: Pelican Crossing Tepat, Bundaran HI Kini Jadi Indah Dan Cantik"

  1. Barokallah pak Anis...tetaplah tawadhu. Jgn bangga dg pujian. Jgn surut krn bully-an. Kerja ikhlas krn Allah...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel