Prediksi Final Piala Dunia 2018 Malam Ini: Prancis Vs Kroasia

Ahad, 15 Juli 2018

Faktakini.com, Moskow - Partai final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis kontra Kroasia di Stadion Lunzhniki, Ahad 15 Juli 2018 malam ini pukul 22.00 WIB (disiarkan lamgsung Trans TV), dipastikan berlangsung dengan sengit. Kedua tim akan sama-sama mengincar kemenangan demi menjadi juara dan mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Jika menilik pada skuad yang dimiliki, kondisi tim dan rekor pertemuan antara Prancis kontra Kroasia maka tim asuhan Didier Deschamps itu lebih diunggulkan untuk memenangkan laga tersebut. Dari komposisi pemain yang dimiliki kedua tim, sejatinya hampir seimbang di mana terdapat nama-nama besar.

Di skuad Prancis ada nama Antoine Griezmann, Paul Pogba dan Kylian Mbappe yang menjadi motor permainan tim asuhan Deschamps itu. Sementara itu, pada kubu Kroasia ada Luka Modric, Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic yang merupakan inspirasi permainan tim asuhan Zlatko Dalic itu.

Akan tetapi, menilik dari keseluruhan skuad yang dimiliki maka Prancis memiliki pemain yang lebih berkualitas dibandingkan Kroasia. Hal itu dikarenakan baik pemain utama dan cadangan mempunyai kualitas seimbang, sedangkan Kroasia tidak memiliki hal itu.

Kendati demikian, dari sisi kondisi tim masing-masing maka Kroasia memilki keunggulan karena para pemain tim asuhan Dalic itu lebih matang secara pengalaman. Sementara itu, Prancis yang lebih banyak didominasi pemain muda tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk berlaga di pertandingan sebesar final Piala Dunia 2018.

Meskipun memiliki kekurangan dalam hal pengalaman, Prancis memiliki keuntungan utama dari sisi rekor pertemuan dengan Kroasia. Total kedua tim telah bertemu sebanyak lima kali, di mana tiga laga dimenangkan Prancis dan sisanya berakhir imbang.

Pertemuan teranyar kedua tim itu, terjadi pada 2011 saat laga uji coba internasional di mana pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Meski Prancis punya penyerang yang luar biasa, pertahanan mereka juga menjadi faktor kunci dalam mencapai final Piala Dunia 2018. Solidnya pertahanan mereka merupakan kejutan di Piala Dunia dengan Samual Umtiti dan Raphael Varane berada dalam performa terbaik mereka.

Saking solidnya lini pertahanan Prancis, hanya Argentina yang mampu mencetak gol melawan mereka dari open play. Sisanya harus bergantung pada adu penalti dan tendangan sudut untuk menembus pertahanan Prancis. Meski Prancis hanya mampu meraih kemenangan tipis, pertahanan mereka terlihat meyakinkan dan mampu mengatasi tekanan.

Selain itu Prancis juga punya gelandang bertahan terbaik di Piala Dunia, N'golo Kante, yang berhasil melakukan 2,3 tekel dan 3,2 intersep per pertandingan, Pertahanan Prancis siap menggagalkan serangan Kroasia dan akan memainkan peran penting dalam menentukan hasil pertandingan.

Dalam turnamen sebesar Piala Dunia, tim yang bermain pragmatis akan sulit mencetak gol dari open play. Saat kesulitan menciptakan peluang mencetak gol, set-piece bisa diandalkan untuk memecah kebuntuan.

Prancis sangat luar biasa dalam hal set piece. Raphael Varane dan Samuel Umtiti sangat mematikan di udara dan mereka adalah dua bek tengah, yang mencetak gol kemenangan melawan Uruguay dan Belgia.

Antoine Griezmann berkontribusi besar dalam set-piece dan dia adalah pemain yang membuat assist untuk gol Varane dan Umtiti. Selain itu, kehadiran Olivier Giroud dan Paul Pogba akan menambah ancaman dalam duel udara.

Di sisi lain, Kroasia cenderung kebobolan dalam situasi set-piece, seperti halnya saat melawan Rusia dan Inggris.

Setelah penampilan luar biasa di babak grup, Kroasia diharapkan bisa melewati tantangan dari Denmark dan Rusia dengan mudah. Tapi mereka dipaksa untuk bekerja keras dan bahkan sampai adu penalti. Meski tidak sampai adu penalti melawan Inggris, Kroasia masih harus bermain di extra time selama 30 menit untuk memenangkan pertandingan.

Secara keseluruhan, Kroasia sudah memainkan 90 menit lebih banyak daripada Prancis selama fase knock-out di Piala Dunia, yang tidak termasuk penalti.

Selain itu, Kroasia memainkan pertandingan semifinal melawan Inggris sehari setelah Perancis berhadapan dengan Belgia. Jadi, Kroasia punya waktu yang lebih sedikit untuk beristirahat sebelum pertandingan besar melawan Prancis.

Di sisi lain, Prancis adalah tim yang lebih muda dan lebih energik dibandingkan dengan Kroasia. Mereka punya satu hari lebih untuk beristirahat dibandingkan dengan Kroasia, dan mereka akan lebih segar saat memasuki final Piala Dunia

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Kroasia, Zlatko Dalic pun meminta kejujuran para pemain jelang melakoni final Piala Dunia 2018. Kejujuran tersebut adalah kesiapan mereka secara fisik untuk melakoni laga puncak melawan Prancis.

Empat hari setelah kemenangan mereka atas Inggris membuat mereka tidak memungkiri dilanda kelelahan. Terlebih dalam perjalanan mereka menuju final, Kroasia harus melewatkan tiga kali pertandingan dengan babak tambahan waktu.

Dalic tidak menyangkal bahwa para pemainnya tengah berjuang secara fisik untuk melawan Prancis. Bahkan ia mengakui jika para pemainnya tidak akan mencapai kebugaran maksimum. Tetapi dia mengharapkan para pemainnya untuk memberit tahu sehingga dia dapat memilih tim terbaik untuk melakoni partai puncak.

“Para pemain cukup tahu apa itu final. Satu hal yang membuat saya bahagia adalah semua pemain mengatakan apakah mereka fit atau tidak 100 persen. Kami memiliki hubungan yang baik sehingga mereka akan mengakui dan mengatakan bahwa ‘saya tidak fit dan saya akan melewatkan final’,” ungkap Dalic, mengutip dari Daily Mail, Minggu (15/7/2018).

“Mereka tahu apa yang dipertaruhkan di final. Betapa hebatnya bermain di final. Tetapi jika mereka tidak dapat memberikan semuanya, mereka akan memberi tahu kami. Saya mengharapkan mereka melakukan itu, mereka harus memiliki sikap seperti itu,” tambahnya.

Dalic bersikeras dia telah membangun satu aturan moral bagi tim yang akan mencegah para pemain turun bermain di lapangan ketika tidak sepenuhnya fit.

“Ini adalah final Piala Dunia, para pemain tahu apa itu,” katanya pada jumpa pers. “Satu hal yang membuat saya bahagia adalah, semua pemain akan ngomong jika mereka tidak fit 100 persen.”

“Kami telah menciptakan hubungan seperti itu sehingga mereka akan mengakui ‘Saya tidak fit, saya akan absen di final’.”

“Mereka tahu apa yang dipertaruhkan [pada partai final], jadi jika mereka tidak dapat bermain secara penuh, mereka akan memberitahu kami, saya mengharapkan mereka untuk melakukannya.”

“Kami tidak memaksakan sesi latihan, kami tidak berlatih. Kami butuh istirahat, relaksasi, kami memiliki beberapa masalah kecil dan saya harap kami akan mengatasi itu pada hari ini [Sabtu] dan semua pemain saya akan siap bermain.”

“Jika tidak, kami memiliki pemain hebat di bangku cadangan untuk mengambil alih. Saya tidak khawatir.”

Gelandang Luka Modric dan Ivan Rakitic telah menjadi bintang bagi Kroasia selama Piala Dunia 2018, tetapi Dalic tertarik untuk menyoroti kontribusi striker Mario Mandzukic, yang mencetak gol kemenangan melawan Inggris pada hari Rabu.

“Dia pemain top, karirnya telah menunjukkan semua itu dengan klub dan piala,” tambah Dalic. “Dia memberikan secara total. Ketika kami menyelesaikan tur Amerika Serikat, saya mengatakan kepadanya, ‘Mario, kamu akan menjadi penyerang tengah’, meskipun dia memiliki posisi yang berbeda di Juventus.”

“Dia bermain total di mana pun dia bermain. Dia adalah mata rantai yang sangat penting dan dia melakukan pekerjaan penting. Dia mencetak gol kunci pada pertandingan terakhir dan pelatih manapun di klub mana pun harus memiliki pemain seperti itu di skuadnya.”

Sebelumnya kasus serupa pernah dialami Kroasia jelang tampil di semifinal. Ia sempat akan kehilangan Ivan Rakitic yang mengalami demam tinggi. Beruntung, sang pemain memiliki tekad kuat dan mampu memulihkan diri dengan baik.

Berikut prediksi susunan pemain Prancis vs Kroasia :

Prancis: Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Paul Pogba, N'Golo Kante, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi, Olivier Giroud

Kroasia: Danijel Subasic, SimeVrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic, Mario Mandzukic

* Head To Head Prancis Vs Kroasia

30/03/2011 Prancis 0 – 0 Kroasia

18/06/2004 Kroasia 2 – 2 Prancis

28/05/2000 Kroasia 0 – 2 Prancis

13/11/1999 Prancis 3 – 0 Kroasia

09/07/1998 Prancis 2- 1 Kroasia

* Lima Pertandingan Terakhir Prancis

11/07/2018 Prancis 1 – 0 Belgium

06/07/2018 Uruguay 0 – 2 Prancis

30/06/2018 Prancis 4 – 3 Argentina

26/06/2018 Denmark 0 – 0 Prancis

21/06/2018 Prancis 1 – 0 Peru

* Lima Pertandingan Terakhir Kroasia

12/07/2018 Kroasia 2 – 1 England

08/07/2018 Russia 2 – 3 Kroasia

02/07/2018 Kroasia 2 – 1 Denmark

27/06/2018 Iceland 1 – 2 Kroasia

22/06/2018 Argentina 0 – 3 Kroasia

*Dari berbagai sumber

0 Response to "Prediksi Final Piala Dunia 2018 Malam Ini: Prancis Vs Kroasia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel