Fantastis! Anies Sulap Kali Item Jadi Cantik Dengan Lampu Hias Indah

Rabu, 25 Juli 2018

Faktakini.com, Jakarta - Bukan Anies namanya kalau tak bisa mencari solusi untuk Kali Item yang terbukti gagal ditangani oleh Gubernur sebelumnya.

Setelah proses pemasangan waring di atas Kali Item sudah selesai, kini waring tersebut dihiasi lampu hias berwarna-warni nan indah, Masya Allah...

Kali Item dekat Wisma Atlet di Kemayoran sudah lama berwarna hitam. Gubernur DKI Jakarta Anies pun mengakui bahwa Kali Item dulu tidak diperhatikan oleh Gubernur sebelumnya namun kini di era Anies serius diperhatikan.

"Yang jangan dilupakan adalah kali itu bukan hitam sejak tiga bulan lalu, kali itu sudah hitam sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memerhatikan ini, kita nggak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu nggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item. Sekarang diperhatikan," kata Anies di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Namun Anies menyadari tidak bisa menghindar dari masalah bau dari Kali Item yang selama puluhan tahun baunya menyengat itu. Karena itu, Anies memberikan solusi cerdas menutup kali itu dengan jaring (waring) sehingga bisa meminimalkan bau.

Selain itu, warga Jakarta pun senang karena orang tidak bisa lagi membuang sampah di Kali Item.

Seorang petugas PPSU yang sedang berkeliling di lokasi Kali Item mengambil sampah yang bernama Aan, mengaku senang karena dengan ditutupnya kali, warga tidak bisa lagi membuang sampah sembarangan.

“Ya bagus gitu, biar pada nggak sembarangan (buang sampah). Biasanya nih, sudah tahu lagi dibersihkan, nanti mah ada saja ditemuin sampah,” jelas dia.

Anies memaparkan, "Lalu kita buat langkahnya untuk Kali Item. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi, satu, pemandangan. Yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan. Jadi, insyaallah nanti pada saat pelaksanaan Asian Games akan bisa minimal, aroma dari tempat itu tidak kuat lagi,".

Anies menyatakan upaya pembersihan Kali Item tetap dilakukan. Eks Mendikbud itu menuturkan penutupan Kali Item dengan waring hanya upaya sementara.

"Kita coba semuanya. Ini jalan terus kok. Semuanya kita coba. Cuma sambil itu dicoba, tetap pencegah penguapan dilakukan," terang Anies.

Penutupan Kali Item dengan waring dilakukan Pemprov DKI sejak pekan lalu. Di atas waring dipercantik dengan tanaman rambat dari Dinas Kehutanan DKI.

Pada hari Senin (23/7/2018) pukul 21.00 WIB, Kali Item mulai berubah menjadi area pemandangan yang cantik dengan adanya lampu-lampu hias, kain waring yang dipasang di atas Kali Item pun jadi terlihat gemerlap. Namun lampu hias itu masih belum dipasang di semua sisi.

Malam ini yang terlihat hanya beberapa baris di sisi dekat Jembatan Marto. Lampu hias dipasang melekat dengan besi yang digunakan sebagai penyangga kain waring.

Salah satu warga, Rendi (21), mengatakan lampu itu baru dipasang hari ini. Sebab, kemarin malam ia belum melihat lampu tersebut.

"Baru hari ini nih, kemarin saya belum lihat," ujarnya kepada detikcom di lokasi, Jalan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakut.

Selain hijau, lampu yang dipasang berwarna kuning, merah, dan biru.

Lampu yang terlihat berwarna merah, biru, hijau, kuning, dan merah itu terlihat jelas ketika didekati. Rendi senang melihat lampu-lampu ini.

"Iya, bagus jadinya, daripada kain hitam doang. Jadi bagus nanti atlet lihatnya dari atas," ucapnya dengan kagum.

Sama halnya dengan Doni (23). Dia pun baru melihat adanya lampu itu hari ini. Ia selalu duduk di pinggir kali setiap hari.

"Saya juga baru lihat, kan setiap hari saya lewat sini, baru lihat malam ini," tuturnya.

Doni mendukung langkah Anies ini dan sangat berharap semua sisi Kali Item dipasangi lampu dan dibuat menyala berkedip-kedip.

"Semuanya harus dipasang dong, malah harusnya dikasih lampunya yang kedap-kedip biar tambah bagus," tutupnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yakin penataan Kali Item tidak akan menjadi masalah. Usai memasang lampu di Kali Item, Sandiaga yakin kondisi Kali Item akan siap menyambut Asian Games.

"Kami nggak mau ambil risiko. Sekarang sudah ada lampu juga, kalau aroma, pandangan sudah oke," kata Sandiaga usai memberikan sertifikasi penyedia makanan Asian Games, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2018).

Sandiaga juga berharap Asian Games jadi ajang untuk mempromosikan kuliner Indonesia. Dia meminta pelaku kuliner menyiapkan masakan yang bisa dibanggakan pada tamu Asian Games.

"Nanti rendang, nasi goreng, kerak telor, soto betawi, bisa ditampikan untuk pengingat tamu. Karena ini nanti saya sangat apresiasi," ujarnya.

Sumber: Detik Dll


0 Response to "Fantastis! Anies Sulap Kali Item Jadi Cantik Dengan Lampu Hias Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel