Siap Lawan Poros Beijing, Poros Mekkah Deklarasi Capres Agustus


Jum'at, 22 Juni 2018

Faktakini.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Sekretariat Bersama Indonesia Muhammad Idrus yang pertama kali mewacanakan Poros Mekah dan Poros Beijing mengklaim poros pertama akan mendeklarasikan calon presidennya pada Agustus mendatang. Partai yang tergabung dalam Poros Mekah adalah Gerindra, PKS, dan PAN.

Idrus bertemu Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Mekah pada lebaran hari kedua. Idrus mengklaim waktu deklarasi itu sesuai dengan pesan Habib Rizieq ketika bertemu Prabowo Subianto dan Amien Rais beberapa waktu lalu.

"Satu, bulan Juni deklarasi koalisi. Dua, bulan Juli I'jtima ulama dan koalisi. Tiga, bulan Agustus deklarasi capres dan cawapres," kata Idrus dalam keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (17/6).

Idrus tak membeberkan siapa tokoh yang bakal diusung Poros Mekah sebagai calon presiden. Selanjutnya ia berkata bahwa Habib Rizieq berharap pemilihan presiden 2019 hanya menghasilkan dua poros.

Menurut Idrus, poros pertama atau disebut Poros Mekah adalah kelompok yang konsisten mengusung agenda umat.

Sedangkan Poros kedua, ia menyebut sebagai Poros Beijing yakni partai pendukung Presiden Joko Widodo yang menurutnya terlihat mesra dengan China.

Habib Rizieq dalam pertemuan itu, kata dia, juga meminta agar Sekber ikut mengawal, menyolidkan dan meluaskan keberadaan kalisi ke seluruh Indonesia serta segara berkoordinasi dengan Persaudaraan Alumni 212 untuk menghadapi Pilpres 2019.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mempersilakan rakyat menafsirkan sendiri Poros Mekah dan Poros Beijing yang digagas Idrus. Namun menurut penafsirannya, pembagian itu sekadar istilah.

"Itu, kan, istilah ya, tapi menurut saya yang namanya keumatan itu semua umat juga. Kita, kan, umat beragama, kecuali PKI, lah, enggak mengakui agama," cetus Fadli di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (17/6).

Foto: Habib Rizieq Shihab dan Amien Rais, Poros Mekkah

Sumber: CNN Indonesia



0 Response to "Siap Lawan Poros Beijing, Poros Mekkah Deklarasi Capres Agustus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel