Quick Count Gerindra: ASYIK Juara Pilgub Jabar 2018

Kamis, 28 Juni 2018

Faktakini.com, Bandung - Bandung - DPD Partai Gerindra Jabar tak mempercayai hasil quick count beberapa lembaga survei yang menempatkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) di posisi kedua dalam Pilgub Jabar 2018. Pihaknya lebih mempercayai hasil quick count internal.

"Kami sudah melalui proses yang membuat percaya. Patut digaris bawahi, kita unggul di quick count kita. Tapi keunggulan sangat tipis," ucap Rizaldy Danar Priambodo, Tim Pemenangan Internal Gerindra untuk Pilgub Jabar, saat konferensi pers di Kantor DPD Gerindra Jabar, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (28/6/2018).

Dalam hasil hitung cepat yang dilakukan internal Gerindra, pasangan Asyik unggul tipis dibanding pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu). Tim pertama mengambil sampel 1.200 TPS, sementara tim kedua 600 TPS.

Hasil penghitungan cepat tersebut menunjukkan Sudrajat-Syaikhu menang. Di tim pertama, Asyik memperoleh 30,69 persen, sementara Rindu 30,44 persen. Hasil di tim kedua juga sama, pasangan Asyik memperoleh 31,72 persen, Rindu 30,6 persen.

"Perbedaannya tipis dan masih di bawah margin of error. Sehingga kami memutuskan bahwa hasil yang diperoleh oleh tim kami lebih terpercaya dibanding lembaga-lembaga survei lainnya," tutur Rizaldy.

Dipercayanya lembaga survei internal diperkuat oleh Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi. Menurutnya, tim yang digunakan ini pernah juga melakukan quick count untuk Pilkada DKI Jakarta.

"Kami biasa melakukan survei internal di beberapa daerah, bahkan saya sampaikan bahwa tim yang kami gunakan adalah tim yang sama di DKI. Tim inilah yang menyatakan Pak Anies-Sandi menang. Tapi lembaga survei yang memiliki kredibilitas tinggi menyatakan pasangan lawan Pak Anies menang. Kenyataannya pasangan kami menang," ujar Mulyadi. Berbeda dengan klaim Mulyadi, saat itu sejumlah quick count survei dari lembaga ternama memang menempatkan Anies-Sandi sebagai kubu yang unggul.

Baca juga: Sudrajat-Syaikhu Pantang Menyerah, Ridwan Kamil: Saya Hormati

Pihaknya enggan mempercayai lembaga-lembaga survei yang melaksanakan penghitungan cepat saat ini. Sebab, ia menyatakan ada perbedaan mencolok yang terjadi, di mana hasil survei untuk Sudrajat-Syaikhu dengan raihan suara hitung cepat jauh berbeda.

"Lembaga survei lain mengeluarkan hasil tidak signifikan bagi pasangan Asyik. Tapi kemudian, mereka membuat produk kedua, membuat quick count yang menyalahi sendiri, di mana pasangan Asyik malah mendapatkan nilai tiga kali lipat dari hasil mereka sendiri sebelumnya," katanya.

Sambil mengumpulkan data-data di lapangan, pihaknya juga menantikan hasil penghitungan KPU Jabar. "Hormati dulu keputusan proses, kita hormati keputusan KPUD. Nanti akan terklarifikasi dengan keputusan pleno, mana yang valid," ucap Mulyadi.

Sumber: Detik

2 Responses to "Quick Count Gerindra: ASYIK Juara Pilgub Jabar 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel