Pengamat Politik UNJ: Sudrajat - Syaikhu Berpeluang Besar Menangi Pilgub Jabar 2018

Sabtu, 23 Juni 2018

Faktakini.com, Jakarta - Analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menilai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Sudrajat dan Ahmad Syaikhu (Asyik) berpeluang memenangkan Pilkada Jabar 2018. Hal ini disebabkan pasangan tersebut memiliki mesin politik yang baik.

"Secara empirik faktor yang dominan mempengaruhi kemenangan di Pilkada Jawa Barat bukan karena faktor financial capital (modal finansial) yang dimiliki pasangan calon dan tim, bukan juga elektabilitas hasil survei, tetapi faktor bekerjanya mesin politik pasangan cagub-cawagub. Mesin politik (partai & relawan) pasangan Sudrajat-Ahmad Syaiku dikenal sebagai mesin politik yang gigih," kata Ubedilah melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/6).

Ia mengatakan, banyak hasil penelitian tentang partai politik menyimpulkan PKS, salah satu partai pengusung pasangan Asyik, merupakan partai yang banyak memiliki kader muda yang gigih dalam bergerak mempengaruhi pemilih. Partai lain yang dianggap gigih bergerak adalah PAN dan dilanjutkan Gerindra.

Saat ini, banyak lembaga survey yang tidak menunjukkan pasangan Asyik memiliki elektabilitas yang tinggi. Meskipun demikian, menurut Ubedilah pasangan Asyik tetap bisa menang karena ternyata banyak hasil survey yang tidak tepat apabila melihat hasil Pilkada Jabar sebelumnya.

"Fakta historisnya dua kali pilkada Jawa Barat (2008 & 2013) hasilnya selalu jauh dari prediksi hasil survei, yang diprediksi menang oleh lembaga survei justru kalah. Selisih persentasi antara hasil survei dengan pemenang berada pada angka yang cukup signifikan antara 10 sampai 20 persen. Angka selisih yang tidak sedikit," kata dia.

Selain itu, Ubedilah juga menilai Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) yang menjabat dua periode memiliki peran penting pada Pilkada 2018. Jawa Barat sudah terbukti menjadi tempat Gerindra mendulang suara dilihat dari kemenangan Prabowo di daerah tersebut pada Pilpres 2014.

"Faktor Prabowo dan Aher menjadi faktor yang menguntungkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang turut mendorong mesin politik bekerja dan turut mendorong pemilih menjatuhkan pilihan pada pasangan nomor 3 tersebut," kata dia.

Sumber: Republika


0 Response to "Pengamat Politik UNJ: Sudrajat - Syaikhu Berpeluang Besar Menangi Pilgub Jabar 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel