Inilah Habib Salim Segaf Aljufri, Tokoh Intelektual Sholeh Asal Solo


Senin, 25 Juni 2018

Faktakini.com, Jakarta - pada 17 Juli 1954, di Pasar Kliwon, Solo, terlahir seorang bayi yang diberi nama Salim Segaf Al-Jufri. Beliau menghabiskan masa anak-anak di kota Solo sampai lulus di SD Diponegoro.

Setelah tamat Sekolah Dasar, Ustadz Salim berpindah ke Palu. Di kota ini, beliau mengenyam pendidikan MTs Al-Khairaat dan MA Al-Khairaat. Sangat masuk akal, karena Ustadz Salim adalah cucu dari ulama besar yang menetap di Palu, yakni KH Said Idrus Al Jufri. Ulama yang lebih dikenal dengan nama “Guru Tua Al Jufri” adalah pendiri Yayasan Al Khairaat.

Lulus dari MA Al-Khairaat, Ustadz Salim merantau ke Arab Saudi, dan menyelesaikan jenjang S1, S2 dan S3 di Jurusan Syariah, Madinah University, Arab Saudi. Usai menyelesaikan pendidikannya di Arab Saudi, Ustadz Salim kembali ke Indonesia dan menjadi pengajar di Program Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, Dosen Dirosat Islamiyah Al-Hikmah, Jakarta juga menjadi staf pengajar di Fakultas Syariah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab), Jakarta. Di kancah internasional, Ustadz Salim merupakan Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) di Asia Timur dan Asia Tenggara sejak tahun 2002 hingga sekarang.

Pada 20 Juli 1998, Partai Keadilan (PK) dideklarasikan di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. Kemudian PK berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di partai dakwah ini, Ustadz Salim pernah menjabat sebagai ketua dewan syariah. Kemudian, pada tahun 2005, beliau ditunjuk Presiden SBY menjadi Dubes untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kerajaan Oman sejak Desember 2005. Kemudian, beliau masuk dalam jajaran kabinet sebagai Menteri Sosial RI dalam Kabinet Indonesia Bersatu II (2009 – 2014).

Kemudian, berdasarkan Musyawarah Majelis Syuro PKS yang berlangsung di Lembang, Jawa Barat, bulan Agustus 2015, Ustadz Salim diberi amanah berat untuk menjadi Ketua Majelis Syuro PKS untuk periode 2015 hingga 2020. Majelis Syuro adalah lembaga tertinggi di tubuh Partai Keadilan Sejahtera.

Meski memiliki “darah biru” ulama dan berpendidikan tinggi dengan prestasi cemerlang, Ustadz Salim dikenal sebagai sosok yang sangat bersahaja. Saat menjadi menteri misalnya, ketika melakukan perjalanan ke daerah-daerah, beliau sering menginap di rumah masyarakat ketimbang hotel mewah. Beliau juga sangat santun, jujur, lembut dan rajin beribadah. Saat Ramadhan, beliau biasa beri’tikaf di masjid.

Ustadz Salim menikah dengan Zaenab Alwi Basri dan dikaruniai 5 anak, yaitu Idrus Salim, Sarah Salim, ‘Afaf Salim, Rihab Salim dan Sumayyah Salim. Dengan amanah berat yang disandangnya saat ini, mari kita doakan agar beliau senantiasa diberikan kekuatan. [US, dari berbagai sumber].

Foto: Habib Salim Segaf Aljufri saat membaca Maulid

9 Responses to "Inilah Habib Salim Segaf Aljufri, Tokoh Intelektual Sholeh Asal Solo "

  1. Insya allah yng di pilih oleh ulama bisa menjadi lebih baik dari yng sudah baik.. TAKBIR...

    BalasHapus
  2. Wa Makaru wa makarallahu wa huwa khoirul maakiriin..
    ALLAH pasti mengetahui yg terbaik untuk hamba"NYA ketika hamba"NYA sungguh" ingin berbenah diri

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah semoga Alloh Ridho
    Untuk menjadi Umaroh yg Amanah.

    BalasHapus
  4. jk dipasangkan dg habib salim akan kalah telak krn bnyk yg tdk tau siapa beliau, lbh baik ustad abdul shomad elektabilitas akan meroket bhkan bisa mengalahkan petahana.

    BalasHapus
  5. Yaa Alloh, Engkaulah pemilik haqiqi negeri ini.. Engkau Maha Mengetahui dg apa yg terjadi di negeri yg laksana percikan surgaMu ini. Karuniakanlah kpd kami pemimpin yg Engkau ridloi... Jangan biarkan kami tersesat.. Dan jangan pernah Engkau serahkan kami dan negeriMu ini kpd orang2 yg tidak berpedoman pada agamaMu.. Anugerahkanlah niyyat yg ikhlas serta keta'atan kepada semua pemimpin kami... Dan jadikanlah semua muslim bersatu dalam menyebarkan rahmat ke seluruh alam...

    BalasHapus
  6. Yaa Alloh, Engkaulah pemilik haqiqi negeri ini.. Engkau Maha Mengetahui dg apa yg terjadi di negeri yg laksana percikan surgaMu ini. Karuniakanlah kpd kami pemimpin yg Engkau ridloi... Jangan biarkan kami tersesat.. Dan jangan pernah Engkau serahkan kami dan negeriMu ini kpd orang2 yg tidak berpedoman pada agamaMu.. Anugerahkanlah niyyat yg ikhlas serta keta'atan kepada semua pemimpin kami... Dan jadikanlah semua muslim bersatu dalam menyebarkan rahmat ke seluruh alam...

    BalasHapus
  7. Semoga bisa amanah, dan selalu jadi panutan serta peduli dengan rakyat kecil ..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel