IG Hapus Foto-Foto Habib Rizieq Dan Amien, Hanum Rais: Pesanan 'Yang Berkuasa'

Rabu, 6 Juni 2018

Faktakini.com, Jakarta - Anak kedua Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais ikut menanggapi soal hilangnya foto pertemuan ayahnya dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab saat umrah. Hanum menyebut hilangnya foto itu karena Instagram dipesan yang berkuasa.

Komentar Hanum ini dicuitkan lewat Twitter. Hanum membalas tweet @PrijantoRabbani soal foto Amien Rais dan Habib Rizieq yang dihapus.

"Truth is: IG telah dipesan oleh "pemesan yang berkuasa" untuk membuat algoritma face detect utk HRS jadi bukan karna di report rame2, tapi memang sistem bekerja, terutama jika engagement tinggi (jumlah like dan komen) mesin akan menghapus," tulis Hanum, Senin (4/6/2018).

Hanum juga meretweet tweet tersebut. Dia menambahkan komentar 'Jadi pilih mana : militer rasa sipil... atau sipil rasa diktator?'.

Ketika dimintai konfirmasi, Hanum menerangkan cuitan itu tidak menyinggung pihak tertentu. Dia mempersilakan agar cuitan itu dipersepsikan berdasarkan pemikiran masing-masing pihak.

"Ini kan tweet maksud saya tweet yang tidak menyebut siapa pun namanya, menyebut materi apapun silakan dipersepsikan masing-masing menurut aspirasi dan inspirasinya," kata Hanum saat dihubungi, Senin (4/6/2018) malam.

Hanum mengaku mendapat informasi soal hilangnya foto di akun Instagram ayahnya sejak dua hari yang lalu. Hanum menyebut foto yang diunggah itu banyak dikomentari dan disukai banyak netizen.

"Jadi 2 hari sebelumnya sudah dihapus oleh pihak IG, kebetulan memang ada admin, sama pak amien umrah, ada admin yang mengerjakan itu. Terus engagementnya cukup tinggi hampir 500 komen dan likesnya tinggi entah kenapa itu hilang, intinya tidak sesuai dengan our policy," terangnya.

"Kemudian di-repost lagi oleh admin, hilang lagi dengan cepat, sampai 3 kali sampai akhirnya udahlah nggak usah, memang secara sistematis tidak bisa dipost," imbuhnya.

Hanum pun menyesalkan hilangnya foto yang diunggah di akun Amien Rais. Dia menyebut tak ada yang salah dengan foto tersebut.

"Menurut saya ini foto yang sah-sah saja tapi kok tiba-tiba kemudian kok di-remove. Kita jangan jadi orang yang naif kalau sesuatu yang tidak boleh diposting ada pemesan, ada Instagram Indonesia, dalam hal ini ya, saya nggak tahu, apakah memang perwakilan di sini memang sudah dibriefing bahwa tidak ada foto-foto gambar. Saya nggak tahu apakah karena gambar harus atau gambar pak Amiennya," ucapnya.

"Kita tidak perlu menjadi orang yang pura-pura tidak tahu bahwa ini benar-benar ada sesuatu di balik pencopotan atau removal di balik foto tersebut, ada pihak-pihak yang panik, atau takut terhadap persatuan yang terlihat dari Amien, Prabowo dan Habib Rizieq, sepertinya seperti itu," urainya.

Hanum meyakini hilangnya foto itu dari Instagram @amienraisofficial disebabkan oleh sistem. "Saya sudah mempelajari ini karena bukan direport rame-rame kemudian ada flagship, kemudian pihak sistem, tidak. Ini memang ada sistem khusus yang melihat face detection. Kemudian kalau engagementnya tinggi dia punya algoritma yang bisa me-remove itu secara otomatis. Saya nggak tahu ini teknologi tapi dia ada sistem itu," paparnya.

Hanum menambahkan tak perlu risau dengan silaturahmi Amien Rais, Prabowo, dan Habib Rizieq saat di Mekah. Menurutnya itu adalah hal yang wajar selama Ramadan.

"Ya ini pertemuan biasa, siapapun bulan puasa mau bersilaturahmi kemudian mengunggah foto sudah selesai umrah ditunaikan, silaturahmi bagian dari sikap persaudaraan kenapa harus di-remove maaf itu nggak ada bau-bau komunis, bau-bau teroris, nggak ada bau pornografinya. Di luar sana ada banyak jauh gambar yang tidak senonoh, akun-akun yang sangat tidak bertanggung jawab tapi malah me-remove sesuatu yang sah, gambar yang biasa-biasa saja menunjukkan keukhuwahan Islamiyah," sesalnya.

"Dan yang jelas semacam organisasi besar dan raksasa seperti Instagram melakukan itu tanpa ada instruksi dari atas tidak mungkin," pungkasnya

Sumber: Detik

0 Response to "IG Hapus Foto-Foto Habib Rizieq Dan Amien, Hanum Rais: Pesanan 'Yang Berkuasa' "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel