Polling Resmi Tribun Medan Ditutup: Edy 2544 Suara, Djarot Hanya 2054

Jum'at, 20 April 2018

Faktakini.com, Medan - Polling terbuka Pilgub Sumut yang digelar Tribun Medan pada 16-19 April 2018 di halaman facebook Tribun Medan dimenangkan oleh pasangan nomor urut satu, yakni Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah.

Dalam polling selama tiga hari ini pembaca/ pengikut halaman facebook Tribun Medan diminta memilih siapakah yang pantas menjadi kepala daerah di Sumatera Utara periode 2018-2023.

Jika ingin memilih pasangan nomor urut 1 diminta meng-klik tanda "like" di bawah gambar dan untuk pembaca yang memilih pasangan nomor urut 2, diminta untuk meng-klik tanda "love".

Hasilnya, pasangan Eramas unggul dengan 2.544 tanda "like", sementara pasangan Djoss mendapat 2.054 tanda 'love".

Polling ini mendapat respon yang cukup ramai dari pendukung kedua pihak pasangan.

Tercatat ada sekitar 1.900 komentar dari netizen terkait kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut.

Sebagai catatan, polling diselenggarakan berdasarkan media sosial Facebook dan hasilnya tidak mencerminkan opini pemilih pada Pilgub Sumut 2018.

Tanda "like" dan "love" yang dihitung hanya yang diberikan pada fanpage Tribun Medan di Facebook. Tidak termasuk tanda "like" dan "love" yang diberikan pada postingan yang disebarkan di tempat lain oleh netizen.

Pertarungan antara dua calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Sumut di dunia maya atau online begitu ketat.

Masing-masing calon gubernur dan wakilnya yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Ijeck) Vs Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus memiliki basis suara dan pendukungnya masing-masing.

Domuara D Ambarita Pemimpin Redaksi Harian Tribun Medan mengatakan Manajemen Tribun Medan, telah mengaplikasikan praktik media modern, yang disebut konvergensi media yakni memadupadankan media cetak, online, video streaming dan media sosial.

Ciri media modern adalah hadirnya era digital yang ditandai sistem komunikasi virtual interaktif real time.

Setiap elemen, dalam hal ini manajemen media maupun pembaca atau antarpembaca dimungkinkan berkomunikasi langsung melalui kolom komentar atau pendapat.

Lebih seru lagi, bahkan alat-alat penentuan jajak pendapat (polling) disediakan platform media sosial seperti Facebook.

Melalui tools polling ini, Tribun Medan akan mengajak pembaca untuk berpartisipasi dalam pesta rakyat, yaitu Pemilihan Gubernur Sumut pada 27 Juni yang alam datang.

"Polling ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik pemilih, agar tidak terulang kejadian pada pilkada sebelumnya, hal mana mereka yang tidak ikut serta menentukan pilihan le bilik suara, atau sering disebut sebagai golongan putulih (golput), lebih tinggi daripada pemilih nyata," ujar Domuara.

Apa pun hasil polling, ini merupakan riil pilihan para netizen. Alat polling berada dalam penguasaan Facebook yang dapat diakses terbuka para netizen. Hasilnya mustahil direkayasa, sebab sangat terbuka dan dapat diakses siapa pun juga

Sumber: aceh.tribunnews.com

0 Response to "Polling Resmi Tribun Medan Ditutup: Edy 2544 Suara, Djarot Hanya 2054"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel