Adil Amanah Terpercaya

Panas

Minggu, 22 April 2018

Jadi Gubernur Jabar, Sudrajat Akan Tingkatkan Posyandu Dan Honor Petugasnya

Ahad, 22 April 2018

Faktakini.com, Ciamis - Calon Gubernur Jawa Barat Mayjen (Purn) Sudrajat hadir dalam kegiatan seminar nasional bertajuk 'Meningkatkan Sumber Daya Kader Posyandu Melalui Kebijakan Anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat' di Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, (22/4/2018).

Dalam kesempatan itu para kader posyandu curhat kepada Sudrajat terkait beberapa permasalahan dan harapan yang berdampak meningkatkan sumber daya kader posyandu.

Mereka antara lain menginginkan peningkatan honor untuk kesejahteraan dan anggaran revitalisasi Posyandu. Selain itu, para kader posyandu berharap ikut pelatihan kewirausahaan dan kesehatan. Serta jaminan kesehatan bagi kader Posyandu, penyediaan sarana dan prasarana seperti bangunan Posyandu.

Menanggapi curhatan itu, Sudrajat berjanji merealisasikannya jika nanti terpilih menjadi gubernur Jabar berpasangan dengan Ahmad Syaikhu. Hal itu dituangkan dalam kontrak politik yang berisi lima poin.

"Mereka butuh jaminan hidup terutama jaminan kesehatan, utamanya penyakit kritis. Insya Allah itu bisa dilaksanakan membantu jaminan kesehatan. Di Jabar ini ada sekitar 50 ribu Posyandu, dengan kadernya empat hingga lima orang," ujar Sudrajat usai kampanye.

Dalam kontrak politik itu Sudrajat meyakini Posyandu adalah garda terdepan dalam memperjuangkan kesehatan masyarakat Jabar.

Dia siap memperbaiki serta meningkatkan sarana dan prasarana Posyandu. Ia berjanji juga meningkatkan pelayanan Posyandu di Jabar dengan cara meningkatkan anggaran revitalisasi Posyandu.

Sudrajat pun berjanji mewujudkan perbaikan honor untuk kesejahteraan kader Posyandu. Idealnya seperti Pemkot Bekasi yang dipimpin Ahmad Syaikhu sebesar Rp 300 ribu per bulan atau setidak-tidaknya Rp 600 ribu per tahun, disesuaikan dengan keuangan Pemprov Jabar.

"Untuk anggarannya akan kita cari sedemikian rupa, mencari supaya agar anggaran bisa tercukupi. Target APBD Jabar supaya naik sehingga pelayanan meningkat," katanya.

Ke depannya, menurut Sudrajat, Posyandu di Jabar harus dilengkapi dokter keliling. Tujuannya untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama balita.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Posyandu (FMPP) Ciamis Didi Sukardi menjelaskan seminar ini sebagai cara mencari solusi dan upaya yang mesti dilaksanakan pemerintah memerhatikan sumber daya kader Posyandu.

"Untuk meningkatkan kualitas kader Posyandu, ada lima poin yang harus dilakukan oleh pemerintah. Kader Posyandu butuh pelatihan kesehatan, kewirausahaan, peningkatan insentif dan butuh jaminan kesehatan," ujar Didi.

Foto: Cagub Jabar Sudrajat saat bertemu para kader Posyandu di Kabupaten Ciamis.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar