Alhamdulillah, HILMI - FPI Sumbar Kembali Serahkan Bantuan Untuk Penderita Kanker Lidah


Ahad, 15 April 2018

Faktakini.com, Jakarta - Hilal Merah Indonesia (HILMI) FPI Sumatera Barat menyerahkan santunan tahap dua kepada Ibu Rosliana (34) penderita kangker lidah, warga Jorong Mawar Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada malam petang Kamis (12/4/2018) di Masjid Nurul Amal Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Santunan tersebut diserahkan langsung oleh Wakabid Keorganisasian DPD FPI Sumatera Barat, Aliff Bahrun 'Amiq sejumlah Rp. 2.322.500 rupiah kepada pihak keluarga yang diwakili oleh adik kandungnya Putra Purnama beserta kedua anaknya Eki Syafrianto (16 th) dan Annisa Nurhidayah (5 th).

Penyerahan santunan itu dilakukan setelah acara Taklim Bulanan FPI Sumatera Barat yang diisi oleh KH. DR. Tengku Zulkarnain, MA Wasekjen MUI Pusat yang disaksikan oleh Kabag Kesra Setda Kab. Tanah Datar H. Afrizon, S. Ag, Staf ahli Bupati Tanah Datar Imran, SH, Sekcam Lintau Buo Utara Adam Surya, Wali nagari, KAN, BPRN serta dari Polsek hadir Babin Kantibmas Nagari Tapi Selo tempat acara dilaksanakan.

Sebelumnya HILMI-FPI juga telah memberi santunan tahap pertama sejumlah 500 ribu rupiah pada Senin (19/02/2018) untuk biaya kebutuhan anak-anak Ibu Rosliana menjelang berobat ke rumah sakit. Selain bantuan dana, HILMI juga melakukan pendampingan sejak dari awal sampai selesai operasi dan pulang kembali ke kampung halaman.

Ibu Rosliana sudah 12 tahun menderita kanker Lidah sejak tahun 2006. Beliau memang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) namun masih terkendala berobat karena tidak memiliki biaya untuk transportasi berobat serta biaya hidup anak-anaknya di rumah. 

Dalam kesehariannya, janda beranak dua yang sudah setahun ditinggal wafat suaminya ini tetap bekerja keras menderes karet di ladang orang. Berjuang mencari nafkah untuk menghidupi keluarga serta biaya sekolah anaknya.

Mendapat informasi demikian dari Kapolsek Lintau Buo Utara Iptu Yonefaeria, SE lalu Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH memerintahkan personilnya untuk menjemput penderita tersebut dengan mobil ambulance Polres agar dibawa ke RSUD Prof. DR. MA Hanafiah Batusangkar pada Rabu (14/2/2018) serta memberinya juga bantuan dana.

Ibu Rosliana berobat di Rumah Sakit Semen Padang Hospital, Kota Padang. Namun karena ada masalah kemedisan di sana, setelah 5 hari kemudian beliau dipulangkan menjalani rawat jalan. 

Dua minggu setelah itu beliau dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil, Padang. Menunggu jadwal operasi tiba, beliau dititipkan dulu beristirahat di Rumah Singgah Yayasan Kangker Indonesia dan tinggal disana selama 5 hari. Akhirnya pada Selasa (20/3/2018) Ibu Rosliana dapat menjalani operasi dengan selamat.

Biaya perawatannya selama di rumah sakit ditanggung oleh BPJS, sedangkan biaya untuk anak-anak di rumah serta belanja ibunya selama menunggui di rumah sakit dibantu juga oleh organisasi Sedekah Seribu Sehari, Lintau serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanah Datar.

Ibu Rosliana juga dibantu oleh Ikatan Dokter 212 khususnya Dr. Syamel yang senantiasa mengusahakan kepastian jadwal operasinya. Selain itu Front Mahasiswa Islam (FMI) PC Kabupaten Tanah Datar dan Mujahidah Pembela Islam (MPI) Tanah Datar beserta Aliansi Mahasiswa juga berpartisipasi menjalankan kotak sumbangan ke pasar, toko-toko dan jalan untuk meringankan beban Ibu Rosliana menafkahi keluarganya.

Dana tahap kedua diberikan kepada ibu Rosliana untuk biaya transportasi beliau dari kampung menuju Padang untuk melakukan cek kesehatan dan dititipkan di Rumah Singgah menunggu jadwal operasi sebesar Rp. 550.000 pada Senin,12 Maret 2018. Dana tersebut berasal dari penggalangan dana dari FMI dan MPI. 

Di waktu yang bersamaan dari Aliansi Mahasiswa Islam di Batusangkar juga memberikan santunan kepada beliau.
Dana santunan sebesar Rp.2.322.500 rupiah yang diberikan kepada beliau berasal dari DPP HILMI-FPI, bantuan dari saudara kita di FPI, dan juga sisa dana dari penggalangan dana dari FMI dan MPI. Total keseluruhan DPP HILMI 2 juta. Dengan rincian tahap 1,5 juta rupiah dan yang terakhir 1,5 juta rupiah.

Senin, 26 Maret 2018, Ibu Rosliana kembali pulang dari rumah sakit dijemput oleh keluarganya. Sewa mobilnya ditanggung HILMI sebesar 450 ribu rupiah. Kini, Ibu Rosliana sudah sampai di rumahnya di Jorong Mawar Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara. Kondisinya sekarang sudah mulai membaik, sudah mulai beraktivitas ringan. Pihak keluarga pun mengucapkan terimakasih banyak atas semua bantuan yang telah diberikan oleh seluruh pihak.

Foto:

1. Penyerahan bantuan dari HILMI-FPI kepada pihak perwakilan keluarga Ibu Rosliana.

2. Kondisi Ibu Rosliana selama perawatan di rumah sakit.

3. Ibu Rosliana saat kembali tiba di rumahnya, usai menjalani operasi

Sumber:

http://hilalmerahindonesia.org/berita-245-hilmifpi-sumbar-serahkan-bantuan-tahap-2-untuk-penderita-kanker-lidah.html #ixzz5Chhul4HG





0 Response to "Alhamdulillah, HILMI - FPI Sumbar Kembali Serahkan Bantuan Untuk Penderita Kanker Lidah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel