Inilah 5 Aturan Baru untuk Liga Champions dan Liga Europa Musim Depan

Rabu, 28 Maret 2018

Kyiv - Asosiasi Sepak Bola Benua Eropa (UEFA), mengumumkan peraturan baru untuk kompetisi level klub, Liga Champions dan Liga Europa, musim 2018-2019.

Peraturan baru tersebut mencakup perubahan waktu sepak mula, jumlah pemain cadangan  dan pemasangan badge khusus di jersey peserta.

Beberapa peraturan baru ini akan memudahkan para pelatih, meski para penonton setia wajib beradaptasi lagi terutama dalam perubahan waktu.

Berikut lima aturan baru Liga Champions dan Liga Europa musim 2018-2019:

1. Jumlah pemain pengganti

UEFA mengadopsi sistem yang sempat diterapkan oleh Piala FA, yaitu memperbolehkan empat pergantian pemain jika pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Pertandingan dalam waktu 90 menit normal tetap hanya boleh memakai tiga pemain pengganti, tetapi jika lebih dari itu, pergantian keempat diperbolehkan.

2. Jumlah pemain di bangku cadangan

Jika dulu klub hanya boleh membawa 18 pemain dalam pertandingan, kini jumlah tersebut akan bertambah menjadi 23.

Artinya, klub kini memiliki opsi pemain cadangan hingga 12 orang.

3. Perubahan waktu sepak mula Liga Champions

Sebelumnya, Liga Champions biasa tayang pada pukul 18.45 GMT atau 02.45 WIB (dini hari setelahnya).

Mulai musim depan, Liga Champions akan mulai tayang pada pukul 17.55 dan 20.00 GMT atau 01.55 WIB dan 04.00 WIB untuk fase gugur.

Sementara itu pertandingan fase grup Liga Champions akan memulai sepak mula pada pukul 17.55 GMT (02.45 dini hari setelahnya).

Untuk Liga Europa musim depan, sepak mula pada pertandingan fase grup dan gugur dimulai pada waktu yang sama, pukul 17.55 dan 20.00 GMT atau 01.55 WIB dan 04.00 WIB.

4. Badge spesial

Peraturan ini khusus ditujukan untuk para juara Liga Europa.

Jika sebuah klub berhasil memenangi Liga Europa selama tiga kali beruntun, mereka berhak menggunakan badge juara berulang kali di lengan jersey.

5. Pendaftaran pemain baru

Mulai musim depan, Liga Champions memperbolehkan suatu klub untuk mendaftarkan tiga pemain baru tanpa larangan apa pun.

Artinya, seorang pemain bisa membela dua klub berbeda di Liga Champions jika pindah ke sesama peserta pada bursa transfer Januari.

Jika aturan itu diterapkan sekarang, pemain seperti Philippe Coutinho boleh tampil. Coutinho pindah dari Liverpool ke Barcelona pada Januari 2018.

Lantaran masih menggunakan aturan lama, Coutinho tak boleh membela Barca pada pertandingan Liga Champions yang berlangsung setelah Januari. Sebab, dia sudah membela Liverpool pada paruh pertama musim ini.

Sumber: Kompas

0 Response to "Inilah 5 Aturan Baru untuk Liga Champions dan Liga Europa Musim Depan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel