Siapa Pencipta Jalan Trans Papua? Ini Jawabannya


Ahad, 11 Februari 2018

Faktakini.com

Bersama: Eny Wijayanti

*Maaf mungkin Banyak sekali Rakyat Indonesia yg belum Faham Cerita ini, # Maklum karena sangat Kuatnya pencitraan terhadap penguasa selama 4 Tahun terakhir ini.

Baiklah Kita URAI saja Ceritanya Biar Rakyat tidak dapat Info Hoax yang berkelanjutan.

-----
PENCIPTA JALAN TRANS PAPUA : PROF. BJ HABIBIE

Jalan Trans Papua panjangnya 4.330,07 kilo meter . Di Schedulekan selesai di tahun 2019 .
Jalan Raya ini, Dibangun sejak pemerintahan Presiden Bj Habibie, dan dilanjutkan oleh presiden megawati dan selanjutnya di lanjutkan oleh presiden Susilo bambang yudoyono. Infrastruktur ini akan menyambung dari Sorong di Provinsi Papua Barat, hingga Meauke di Provinsi Papua.

Total panjang jalan Trans Papua di Provinsi Papua sekitar 3.259, km, sedangkan yang di Provinsi Papua Barat panjangnya sekitar 1.071 km.

Semenjak masa jabatan Presiden Sby berakhir, jalan Trans papua ini wajib diteruskan oleh presiden berikutnya, ini Adalah suatu kewajiban bagi para presiden, Atau bukan tugas namun diharuskan.

Sebab jalan tersebut harus selesai dengan tepat waktu yang telah di Tentukan.
Dari total panjang jalan tersebut, ada 231,27 km jalan baru yang dibangun di 2016, sehingga total Trans Papua yang tembus hingga saat ini sebesar 3.851,93 km, dan yang belum tembus hanya sepanjang 479 km saja.

Tugas untuk presiden jokowi , hanya melanjutkan jalan yang belum diselesaikan oleh presiden - presiden yang terdahulu , jokowi tinggal menyelesaikan sisa jalan tersebut yang belum Rampung sekitar sepanjang 479 kilo meter saja.

Hal ini bukan disebut sebagai proyek mangkrak karna masa tugas sang presiden telah berakhir.

Untuk tahun ini, ditargetkan 143,35 km jalan baru akan dibangun, sehingga total yang akan tembus menjadi 3.995,28 km. Ini berarti sisa jalan yang belum tembus sepanjang 334,79 km akan dirampungkan hingga 2019.

Apabila presiden jokowi tidak berhasil merampungkan sisa bangunan jalan Trans papua ini, maka negara akan menilai jokowi sebagai presiden yang tidak becus.
Bayangkan, masa sih jokowi tidak berhasil membangun jalan Raya sepanjang 335 Kilo meter dalam tempo 5 tahun . Pakai pencitraan , Seolah olah hasil karya nya .

Bayangkan ,
Presiden Bj Habibie dan Presiden Sby ,sudah mampu menyelesaikan jalan trans papua sekitar sepanjang 3995 km . Tanpa pencitraan.
Mualimah

# SHAREseluasnya AgarRakyatTahu

*NB. Sumber lain menyatakan Trans Papua dirintis oleh Presiden Suharto pada tahun 1980

95 Responses to "Siapa Pencipta Jalan Trans Papua? Ini Jawabannya"

  1. ini Eny Wijayanti mau crita/citra apaan pula....?

    kalau mau crita yang se_bener2nya by fakta, dan enggak ngarang crita mau menjelรจkkan siapa2...

    maka:
    saya ini Ir Bambang Sardjono saat itu 1980 sebagai Site Manajer PT NINDYA KARYA Proyek Jalan Abepantai-Ubrub-Oksibil, telah memulai babat alas membangun proyek Jalan menyusuri perbatasan RI-PNG .

    jadi sejak 1980 itu proyek Jalan Trans PAPUA sudah ada dan sudah dimulai !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Bambang yth;

      Ada baiknya Bpk lurus kan cerita atau sejarah memulai pekerjaan jalan Trans Papua sehingga tdk timbul fitnah atau pemimpin yg tiba2 mengaku se olah2 sdh membangun sekian ribu km...jalan di Papua...itu pun jika Bpk masih pubya Rasa...apalagi ex PM....luar biasa tuh...maklum sy juga org tekhnik pak...trmksh

      Hapus
    2. saya juga pernah bertugas di Irian Jaya dari tahun 1984 sd 1988, tahun 1988 sdh pernah mencoba jalan nabire-ilaga yg kontraktornya Pembangu an Jaya...jadi pembangunan Trans Papua sdh dimulai sejak Jaman Pa Harto...

      Hapus
    3. Alhamdulillah, dengan adanya ini maka upaya rezim skrg untuk mengklaim bahwa pekerjaan trans Papua hasil kinerja mereka saja jadi terbantahkan sekaligus membongkar modus pembohongan publik yg marak dilakukan oleh rezim ini..

      Hapus
    4. Berarti semenjak Zamannya Pak Soeharto sudah ada dong Pak ???
      kok ada yg ngaku2 bahwa itu hasil maha karyanya si Nganu ?
      berarti pembohongan Publik dong Pak ??
      ngak malu2nya ya pak, ngaku2 kerjanya mereka

      Hapus
    5. cerita dooong, kayak fakta kini, ayo paak

      Hapus
    6. Th.80 sy blm lahir, Pak. Ironisnya yg dgn bangga muji2 kata si Pak Anu yg mbikin

      Hapus
  2. Pak bambang mungkin berkenan untuk menulis kembali sejarah trans papua dengan kronologis kenapa jalan itu dibangun, melengkapi tulisan bu eny? Semoga tulisan bapak nanti lebih memberi gambaran menyeluruh. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak. Apa lagi buk eny bikin catatan bahwa ada sumber lain yg menyatakan kalau pembangunan trans papua sudah mulai pada era presiden soeharto.

      Hapus
  3. Bagi orang2 yg benar tahu tolong tulis kebenarannya spy rakyat tdk.dicekoki dg berita2 Hoax yg berbau fitnah.




    BalasHapus
  4. Kalau nulis kasi data gambar dan data pendukung.... Yg menyampaikan kebenaran adalah pejuang dinegeri ini. Yang menyampaikan beritabohong adalah pengkhiant bangsa. . Semua ada resikonya. Jadilah manusia bermartabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang memyampaikan hoax ratna siapa saja

      Hapus
  5. Halo, senang bertemu dengan Anda, Am Grace Kones, silakan hubungi saya di email saya untuk diskusi penting, email - {gracesweetheart2@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Mau siapa yg mulai tapi tdk diteruskan krn medannya sdh masuk ketegori sukar, menanjak, rawan pemberontak, tembus masuk hutan lebat dll, ya sampe kiamat gak akan diteruskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Faktanya hanya Jokowi yg konsisten mewujudkan nya.

      Hapus
  7. mereka semua berkontribusi...kita yg koment ..kontribusi ne opooo..? cuma bisa membanding bandingkan ..serta ngambil kesimpulan..yg belum tentu bener...,makanya jagalah hati..kata AA Gym....Mudah mudahan Indonesia Tetap Bersatu ..Aamiin

    BalasHapus
  8. Saya lahir dan besar di Merauke Papua, pada thn 1980 Presiden Soeharto canangkan dimulainya pembangunan jalanbtrans Irian (Papua). lalu, sy sering diajak Ayah dan kakek sy pergi berburu rusa, kanguru, butung, buaya, dll ke hutan2 di Merauke hingga perbatasan RI - PNG di Kampung Rawabiru, Yanggandur dan Sota naik gerobak Sapi. Disepanjang perjalanan yg memakam waktu berhari hari, sampai teroaksa bolos sekolah. Yang kami lalui satu satunya jalan adslah JALAN TRANS IRIAN, yang waktu itu sedang dalam proses pekerjaan olrh PT. TJIGOMBONG, milik Ibu Tien Soeharto. Paman saya, pada 1985 sudah bekerja do perusahaan itu sampai tahun 1997. Sampai sekarang Pamanku, Hendra Pujiono, masih hidup di Merauke dan masih sering merehab proyek jalan Trans Irian (sekarang Jalan Trans Papua namanya), yang dikerjakan oleh pemenang tender PT. DOLAROSA. dan sampai hari ini saya selalu melintasi jalan ini dari Kota Merauke menuju ke kampung perbatasan di Sota menggunakan sepeda motor, hanya butuh waktu 1 jam saja!.... Jalan trans papua ini sangat dibanggakan seluruh rakyat Papua hingga sekarang. Bukankah presiden BJ. habibie baru berkuasa pada thn 1998, yang pada saat itu sebagian rakyat asli Papua meminta kemerdekaan Papua karena merasa tidak diperhatikan pembangunan di daerahnya? ...
    Mohon di share yaa... Biar semua rakyat Indonesia tahu, mana yang jujur mana yang Hoax... ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ’“

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak SOEHARTO memang BAPAK PEMBANGUNAN

      Hapus
    2. Makasih boss atas pencerahan nya jadi saya tau sejarah trans papua.

      Hapus
  9. Saya lahir dan besar di Merauke Papua, pada thn 1980 Presiden Soeharto canangkan dimulainya pembangunan jalanbtrans Irian (Papua). lalu, sy sering diajak Ayah dan kakek sy pergi berburu rusa, kanguru, butung, buaya, dll ke hutan2 di Merauke hingga perbatasan RI - PNG di Kampung Rawabiru, Yanggandur dan Sota naik gerobak Sapi. Disepanjang perjalanan yg memakam waktu berhari hari, sampai teroaksa bolos sekolah. Yang kami lalui satu satunya jalan adslah JALAN TRANS IRIAN, yang waktu itu sedang dalam proses pekerjaan olrh PT. TJIGOMBONG, milik Ibu Tien Soeharto. Paman saya, pada 1985 sudah bekerja do perusahaan itu sampai tahun 1997. Sampai sekarang Pamanku, Hendra Pujiono, masih hidup di Merauke dan masih sering merehab proyek jalan Trans Irian (sekarang Jalan Trans Papua namanya), yang dikerjakan oleh pemenang tender PT. DOLAROSA. dan sampai hari ini saya selalu melintasi jalan ini dari Kota Merauke menuju ke kampung perbatasan di Sota menggunakan sepeda motor, hanya butuh waktu 1 jam saja!.... Jalan trans papua ini sangat dibanggakan seluruh rakyat Papua hingga sekarang. Bukankah presiden BJ. habibie baru berkuasa pada thn 1998, yang pada saat itu sebagian rakyat asli Papua meminta kemerdekaan Papua karena merasa tidak diperhatikan pembangunan di daerahnya? ...
    Mohon di share yaa... Biar semua rakyat Indonesia tahu, mana yang jujur mana yang Hoax... ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ’“

    BalasHapus
  10. Ya berarti jalan transpapua ini sdh sejak lama.dirintis dan dibangun hingga sekarang terus dilanjutkan. Pembangunan yg terus berkelanjutan bukan tiba2 hari ini cling langsung jadi.
    Ada banyak orang2 yg berkontribusi jd jangan diakui sebagai kesuksesan satu orang pribadi.

    BalasHapus
  11. Jalan Papua (Trans Irian) pada kala itu di mulai sekitar tahun 80an. jd jln Trans Papua bukan di Era Bj Habibie namun sudah di mulai di Era Orba, masalahx krn medan yg sangat parah jd project tsb mendapat berbgai kendala. seiring waktu. Jalan Trans Papua di jadikan Grand Desaign Pemerintah Pusat. dalam artian bahwa siapun Presiden terpilih jalan ini tetap di lanjutkan.

    BalasHapus
  12. sebaiknya bapak-bapak atau ibu-ibu yang lebih mengetahui asal usul jalan trans papua ini melakukan klarifikasi agar rakyat indonesia lebih tau mana berita yang sebenarnya dan mana berita yang hanya pencitraan saja..
    biar kita juga lebih selektif lagi terhadap calon pemimpin yg benar2 bekerja bukan hanya pencitraan dan banyak bohongnya..

    BalasHapus
  13. Kepada Yth. Bapak2 Yang Berkuasa di Negeri Ini..
    Sebagai penguasa, tolong katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Karena itu adalah bentuk AMANAH yang telah diamanatkan oleh Rakyat kepada Bapak2 Penguasa dineheri ini. Yang kesemuanya nanti akan Bapak2 pertanggung-jawabkan dihadapan Allah SWT kelak.

    BalasHapus
  14. Kepada Yth. Bapak2 Yang Berkuasa di Negeri Ini..
    Sebagai penguasa, tolong katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Karena itu adalah bentuk AMANAH yang telah diamanatkan oleh Rakyat kepada Bapak2 Penguasa dineheri ini. Yang kesemuanya nanti akan Bapak2 pertanggung-jawabkan dihadapan Allah SWT kelak.

    BalasHapus
  15. ini yg buat artikel tidak dalam posisi netral. menjelaskan informasi hanya sebagian-sebagian. menuduh orang lain pencitraan malah jadi terlihat membuat pencitraan sendiri. berhati-hatilah dalam memberi informasi pastikan nara sumbernya kridibel. karena sebesar apapun perbuatan kita akan di minta pertanggung jawabannya. jadi jangan cuma #SHAREseluasnya AgarRakyatTahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. beritanya mmg tdk memiliki sumber,tp dr berita tsb muncul komentar2 yg menjelaskan asal muasal jalur trans papua dan menurut saya itu sedikit membantu.

      Hapus
  16. Kami yg jauh dari papua tentu hanya mengetahui masalah trans papua melalui pemberitaan. Semoga siapapun pemberi beritanya itu jujur dan tidak ada pamrih politik

    BalasHapus
  17. Pada tahun 1995 PT. Hutama Karya memenangkan Tender pekerjaan Jalan Trans Papua Seksi Wamena-Tengon, saya adalah salah satu karyawan PT. Hutama Karya yang sudah siap siap hendak dikirim ke Papua saat itu. Namun batal karena saya dipilih untuk mengerjakan Jembatan Siti Nurbaya di Padang Sumatera Barat.

    BalasHapus
  18. “Jika ada seribu orang yang membela kebenaran, aku berada diantaranya. Jika ada seratus orang yang membela kebenaran, aku berada diantaranya. Jika ada sepuluh orang pembela kebenaran, aku tetap ada di barisan itu. Dan jika hanya ada satu orang yang tetap membela kebenaran, maka akulah orangnya.” - Umar bin khattab ra”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebenaran tak perlu dibela. Tugas manusia adalah berpegang teguh/ berdiri teguh di atas kebenaran. Kebenaran akan membela dirinya sendiri dan org yg berpegang teguh padanya.

      Hapus
  19. Pak Habibie dan Pak SBY, beliau masih ada.
    Apa komentar beliau2 soal ini ya?
    Sebaiknya beliau2 berkenan meluruskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman pak harto pak SBY
      klo ada pembangunan juga gak pernah dipamer pamerkan. Peresmian ya wajar saja.
      Krn beliau tdk hanya ngirusin jalan tol dll.
      Kemiskinan. Lapangan kerja. Stabilitas harga. Juga jadi perhatian beliau.

      Hapus
    2. Nanti kalau pak habibi dan pak sby komentar dicaci maki dikira baper sama rezim ini he he

      Hapus
    3. Kan gampang utk memeriksanya lihat saja apbn jaman mereka.. apakah ada program tsb dan laporan pelaksanaannya.. itu malah lebih nyata karena sdh jadi lembar negara yg boleh dibaca setiap warga negara yg berminat... gitu saja kok repot

      Hapus
  20. Dengki kalo sdh berkepanjAngan jd repot,kitA liat kenyataan bkn cuma katanya...katanya...katanya...kenyataan pak Jokowi di sukai dan ditrima masyarakat Papua bkn?dan karna pak Jokowi mrk kembali NKRI HARGA MATI,pretsiden dulu,ada yg kesana?N O L...KALIAN YG NGK SUKA MMG BESAR MULUT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung Margo sendiri pernah ke Papua?? Kami yg sudah lama di Papua pastinya yg lebih tau..Apa ada jaminan pas Pak Jokowi Papua tidak lagi konflik?? 1 kampung di sandera gimana? Sebelumnya gak ada sampai segitu banyaknya.. jd dr data mana bhw semua sepakat mendukung NKRI. Harap komentar sesuai data. Dan perlu di catat sy juga suka figur pak Jokowi cm minta maaf krn kami hrs menyampaikan fakta bukan isue

      Hapus
    2. Maaf bung Margo, sy 8 th di Papua. Melihat kondisinya sperti tdk berubah dg presiden2 sbelumnya. Malah ketidaktegasan pmerintah skrg benar2 dmanfaatkan dg smakin beraninya separatis unjuk senjata. Mreka suka Jkw krn dipandang lemah.

      Hapus
    3. Pak Margo.. ngayal sm ngaca yg buanyak pak.. ntar jg gila bela jokowi membabibuta..

      Hapus
    4. Hanya di era ini ada kata2 "NKRI HARGA MATI"...dr dlu org2 sdh pnya perasaan itu tp tdk dijadikan bahan omongan apalgi pencitraan...
      Tengok lah para pejuan dlu...

      Hapus
  21. Ini "fakta kini" kepunyaan siapa kok seperti ini ceritanya?
    Masyaallah

    BalasHapus
  22. Berarti emang benar kalau SEJARAH itu tergantung PENGUASA, media sbg inform pada rakyat, sampaikan kebenaran itu sekalipun pahit, bahkan terganjalnya sebuah karier.. ...

    BalasHapus
  23. Sangat disayangkan penulis tidak memberikan data yang akurat hingga perihal ini menjadi "Polemik berkepanjangan". Seharusnya kita sebagai "Rakyat indonesia" bersatu menuntut ke pemerintah hak kita sebagai rakyat untuk segera merealisasikan apa yang dibutuhkan rakyat.

    Mengenai topik wacana, saya berusaha mencari apa yang menjadi polemik. Saya tidak menemukan satu pun -pernyataan langsung- Presiden Jokowi yang mengklaim Trans Papua adalah hasil karyanya.
    Pernyataan salah diawali oleh pemberitaan Kompas mengenai Trans Papua yang sedang dikerjakan pemerintahan Jokowi. Seharusnya disebut spt; "Wamena-... , RUAS JALAN Trans papua.....". Salah dalam penulisan bisa jadi salah arti sebenarnya. LALU KENAPA KITA SESAMA RAKYAT INDONESIA HARUS SALING SERANG???...
    Jalan Trans Papua sdh di rintis sejak era Presiden Suharto, kemudian dikerjakan maraton ke Presiden selanjutnya. Habibie, Megawati, Sby dan Jokowi. Masing-masing mengumumkan pencapaian Ruas jalan yang dibangun, yang semuanya itu bagian dari TRANS PAPUA.

    Buat anda sekalian yang gagal paham seharusnya bertanya pada diri sendiri... kenapa hal ini jadi polemik? kenapa persatuan kita sebagai rakyat indonesia jadi terkotak-kotak ? siapa sedang mendulang keuntungan dari polemik ini?
    Mulailah berfikir cerdas dengan menggunakan hak kita memberikan KRITIK POSITIF (bukan kritik negatif), dan mendukung siapapun Pemimpin yang terpilih sesuai Konstitusi negara ini.
    Perlu diingat kembali, karena PERPECAHAN KITA, PEMENANG SESUNGGUHNYA ADALAH "PARTAI POLITIK" BUKAN RAKYAT INDONESIA.
    Semoga kita tersadar dan Indonesia kembali berjaya... Aamiin...

    BalasHapus
  24. Setelah mengamati beberapa postingan dan akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa WWW.FAKTAKINI.COM adalah web yang dibangun untuk propaganda dan milik salah satu anggota/simpatisan/pendukung Partai PKS yang memberikan sajian informasi yang menyudutkan.
    Saya harap ada yang bantu melaporkan ke kominfo terhadap situs ini agar ditindak lanjuti dengan pemblokiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, komen anda ini salah satu contoh komen yg provokatif. Hanya mengamati beberapa postingan, lalu berpersepsi, tanpa data valid, ditambah lagi memojokkan kelompok tertentu. Sangat tidak ilmiah , Cemen, & tidak bermartabat anda ini Haris Silo Soco Diwiryo.

      Ada beberapa kemungkinan anda ini:
      1. Asal komen
      2. Tidak punya ilmu collecting data, sehingga salah menyimpulkan.
      3. Anda punya kepentingan & jasad terhadap kelompok tertentu.

      Berbahaya bung kalo diteruskan cara berfikir anda. Itu bisa menimbulkan fitnah yg keji, memecah persatuan & kesatuan, dan menyesatkan.

      Hapus
  25. Kok malah rebutan siapa yg garap...hehe

    BalasHapus
  26. Saudara2ku Semua Sebangsa Dan Setanah Air, Mari Kita Semua Bangga Bahwa Kita Memiliki Pemimpin2 Bangsa Mulai Dari PRESIDEN RI Ke 1-2-3-4-5-6-7 ADALAH Yang Terbaik Krn Semua Telah Menjalankan Amanah Dari Rakyat Dengan Baik, Utk Itu Mari Kita Semua Menjadi Rakyat Yang Berdaulat Krn Masih Banyak Tanggung Jawab Kita Semua Utk Melihat INDONESIA Lebih Baik Dan Sekaligus Menjaga NKRI Dari Kelompok Orang - Orang Tidak Menginginkan Kejayaan Kembali Bangsa Indonesia Ini Menuju Mercusuar Dunia Dan Upanya Perpecahan Sudah Berjalan Bukan Hanya Dari Jaman PRESIDEN RI ke Sekarang Sdh Dari President Pertama.Fakta Dan Realita. Utk Itu Mari Melalui Coretan Tangan Dan Pikiran Kita Semua Bisa Menyambung Hanya Karna Cinta Kepada NEGARA Dan Bangsa. Ingat Ada CATATAN Kecil Dan Pendek.Keluarga Besar Cinta NKRI Semua Bahwa 2019 Jgn Sampai Lupa Doa Sesuai KEPADA Allah Subbhana Wattaallah, TUHAN Yang Maha Esa Agar Tolongin Bangsa Ini Karna Perjuangan Memang Pasti Ada Keberhasilan Tapi Juga Ada Pengorbanan, Semoga Allah Lah Segalanya Tempat Kita Memohon Perlindungan.Wassalam Ttd RM Haryo Beny Koesoemo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau siapapun dan apapun keberhasilannya g ush lebay toh itu emang sdh jd keharusan(wajib)"orng islam tentu tau apa itu wajib".yu kita belajar cerdas dg satu pertanyaan saja...apakah indonesia sdh sejahtera?bila ada yg merasa blm,cb tanyakan kpd yg seharusnya mempermudah kesejahteraan itu dr sgl aspek,ekonomi sampai agama.bersatulah umat jngn biarkan indonesia kita "menjadi indonesia mereka" AllohuAkbar....

      Hapus
  27. Mestinya ngga usah pada ribut,,, lebih baik kita syukuri bahwa saudara kita di papua di bangunkan jalan yg begitu panjang, yg tujuanya untuk pemerataan pembangunan, sy yakin siapa yg membangun adalah tujuanya sama yaitu kita semua SAMA Indonesia, dan jgn sampai terpecah karena siapa yg membangun, semua untuk warga negara indonesi .

    BalasHapus
  28. Media profokatif, apa untungnya pemberitaan semacam ini... Pikir baik2 bagi yg membaca jgn terbawa emosi. . .

    BalasHapus
  29. Menurut saya inti dari artikel diatas adalah bukan era presiden Jokowi yang berperan utama dlm pembangunan jalan trans Papua tsb spt pemberitaan yang berhembus di berbagai media, jangan juga komentator menyudutkan bapak BJ Habibie karena hanya foto beliau yang muncul dalam tulisan tsb. Jadi kembali ke inti dari artikel tsb ya... jangan melebar

    BalasHapus
  30. Intinya jangan percaya MUKIDI BIM SALABIM BANGUN INDONESIA.....dari tahun 1990 keluarga saya banyak mengerjakan jalan dan irigasi di Papua...sampai saat ini....lha kok tiba2 4 th terakhir ini di klaim si nganuuu yg buat trans Papua. .....kira2 ini Pemimpin macam Apa yaa

    BalasHapus
  31. Intinya jangan percaya MUKIDI BIM SALABIM BANGUN INDONESIA.....dari tahun 1990 keluarga saya banyak mengerjakan jalan dan irigasi di Papua...sampai saat ini....lha kok tiba2 4 th terakhir ini di klaim si nganuuu yg buat trans Papua. .....kira2 ini Pemimpin macam Apa yaa

    BalasHapus
  32. "Ini (Trans Papua) sudah dimulai lama. Zaman Pak Habibie sudah ada, tapi masifnya sejak Pak Jokowi. Dulu kan sporadis (kadang-kadang) saja, kecil-kecil di spot-spot tertentu. Katakanlah daerah Nabire, Merauke, Jayapura," ujarnya saat ditemui detikFinance beberapa waktu lalu.

    https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3800042/ditarget-rampung-2019-jalan-trans-papua-dibangun-sejak-era-habibie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masive pemberitaanya.
      Krn panjang hanya berapa km. Lebih panjang era SBY dan habibi

      Hapus
  33. Lha kalo dah tau jl ini sdh terencana sejak dulu kala, kenapa masih banyak yg bertanya.. Jl itu utk siapa... Bingung yee...

    BalasHapus
  34. Stop fitnah mbak eny..jgn tutup mata utk pembangunan trans jawa,sumatra,kalimantan,sulawesi..bepolitiklah dgn baik..sy bukan jokowi mania..tp sy cuma mau jujur pd hati nurani..jokowi sdh melakukanyg terbaik yg dia bisa lakukan..jgn memecah belah bangsa..krn itu akan menjadi kan anda sbg pengkhianat bangsa

    BalasHapus
  35. kalau mbak eny punya capres selain jokowi..ungkapkan saja kelebihan2 dan kehebatan nya..tdk usah membuat berita bohong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda lucu, yang diberitakan jalan larinya ke capres

      Hapus
    2. Guru care, siapapun tau bahwa tulisan tsb mmg arahnya ke politik 2019.
      kalo ga tau ya kebangeten. ga peka.

      Hapus
    3. Nama guru care, tapi gak peka berarti bebal dong...

      Hapus
  36. Silahkan membangun,tapijangan klaim sendiri, apalagi klaim punya orabg,klaim nya untuk kampanye pula,pilpres tahun depan,belum saatnya. Sekarang saatnya menyelesaikan masalh warga papua yg ingin merdeka (kluar dari NKRI).

    BalasHapus
  37. APA MUNGKIN YG DIMAKSUD PENULIS
    DI JAMAN HABIBIE DICANANGKAN DI APBN U PROYEK MULTI YEARS (20TH) JALAN TRANS PAPUA SEPANJANG 4300an KM SPT DIATAS DILUAR JALAN TRANS IRIAN (PAPUA) YG DIBANGUN PAK HARTO.

    MUNGKIN ADA YG BISA CARI DI RAPBN ATAU APBN TH.1999

    BalasHapus
  38. Sy malah br tau sekarang kalo trans papua digembor2kan hasil kerja pemerintahan Jokowi. Yg saya tau kalo selesainya Trans Papua adalah kebanggaan rakyat Papua khususnya, dan itu terjadi di eranya Jokowi.
    Mumgkin penulis ini bisa memberikan 1 cuplikan berita saja yang manyatakan Trans Papua hanya hasil kerja Jokowi dan atau tidak ada yang lain selain Jokowi.

    BalasHapus
  39. Artikel ini memberi informasi pada kita semua bahwa JALAN TRANS PAPUA sepanjang 4.330,07 kilometer tersebut dirintis dan dibangun sejak era Pak Harto berlanjut dikepemimpinan berikutnya. Bukan seperti informasi kabur yang selama ini diberitakan dan diklaim oleh salah satu demi pencitraan dll.

    BalasHapus
  40. memang tulisan di atas sangat terasa nuansa politik nya.
    dengan tujuan tertentu.
    dan mayoritas yg comment pun juga syarat dg nuansa politik.
    ..cobalah peka..

    BalasHapus
  41. Kembali kepokok persoalan jalan transpapua yg penting jalan tu bisa bermanfaat buat masyarakat disana.. Aamiin

    BalasHapus
  42. Sangat disayangkan penulis tidak memberikan data yang akurat hingga perihal ini menjadi "Polemik berkepanjangan". Seharusnya kita sebagai "Rakyat Indonesia" bersatu menuntut ke pemerintah hak kita sebagai rakyat untuk segera merealisasikan apa yang dibutuhkan rakyat.

    Mengenai topik wacana, saya berusaha mencari apa yang menjadi polemik. Saya tidak menemukan satu pun -pernyataan langsung- Presiden Jokowi yang mengklaim Trans Papua adalah hasil karyanya.

    Pernyataan salah diawali oleh pemberitaan Kompas mengenai Trans Papua yang sedang dikerjakan pemerintahan Jokowi. Seharusnya disebut spt; "Wamena-... , RUAS JALAN Trans papua.....". Salah dalam penulisan bisa jadi salah arti sebenarnya. LALU KENAPA KITA SESAMA RAKYAT INDONESIA HARUS SALING SERANG???...

    Jalan Trans Papua sdh di rintis sejak era Presiden Suharto, kemudian dikerjakan maraton ke Presiden selanjutnya. Habibie, Megawati, Sby dan Jokowi. Masing-masing mengumumkan pencapaian Ruas jalan yang dibangun, yang semuanya itu bagian dari TRANS PAPUA.

    Buat anda sekalian yang gagal paham seharusnya bertanya pada diri sendiri... Kenapa hal ini jadi polemik? Kenapa persatuan kita sebagai rakyat indonesia jadi terkotak-kotak ? Siapa sedang mendulang keuntungan dari polemik ini?

    Mulailah berfikir cerdas dengan menggunakan hak kita memberikan KRITIK POSITIF (bukan kritik negatif), dan mendukung siapapun Pemimpin yang terpilih sesuai Konstitusi negara ini.

    Perlu diingat kembali, karena PERPECAHAN KITA, PEMENANG SESUNGGUHNYA ADALAH "PARTAI POLITIK" BUKAN RAKYAT INDONESIA. (Sekali Lagi, Pak Jokowi SENDIRI tidak pernah MENG-Klaim bahwa Trans Papua adalah MURNI hasil karyanya! Silahkan cari buktinya kalau ada!)

    Semoga kita tersadar dan Indonesia kembali berjaya... Aamiin...

    BalasHapus
  43. Mangkrak kok dibilang tinggal lanjutkan. Sm mangkrakx dg Hambalang...tp periode berikut br jokowi kerja ulang barang yg dirusak seb besar oleh kader sby di demokrat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oon bgt deh, hambalang mangkrak itu krn lg diselidiki oleh KPK jd blm blh diteruskan pembangunannya. Belajar lg gih yg pinter

      Hapus
  44. Orang yang sengaja berdusta 1x paling tidak, paling tidak dia akan berdusta 1x lagi untuk menutupi dusta pertamanya. Ya ALLOH selamatkan NKRI dari pemimpin PENDUSTA.Aamiin

    BalasHapus
  45. Yang terhormat sdra2ku se bangsa lndonesia.....kalian psti tau semua pemimpin kt yg terpilih (jd presiden) pasti punya niat utk membangun negeri ini, dr sabang sampe merauke agar rakyatnya sejahtera, kt hrs huznudzon kpd semua pemimpin dan mendukung siapapun dia, berarti dialah yg sdh diberi amanah oleh rakyat, dan dialah org pilihan yg ditunjuk oleh Allah SWT memimpin negeri ini, mereka itu manusia yg sdh pasti pnya sisi positif dan negatifnya jgn kt hnya menilai yg negatif sj sdngkn positifnya hilang.....jd tlng kita2 ini jaga hati, jaga omongan dan perbaiki diri saja, memang bnyk artikel2 yg disebar menyambut pilpres 2019 nanti jd menuai pro kontra dimasyarakat, yg menyudutkan salah satu pihak dg berita2 hoax. Jadi sy mohon kpd sdra2ku yg msh muda2 yg bs mnjdi pemimpin negeri ini dikemudian hari, jagalah keutuhan bangsa dan negara ini, jgn buat masyarakat kt jd bingung dg komen2 yg selalu menjelek2kan pemerintah, anda taukan siapa itu pemerintah...? Yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, nah....berarti kita2 ini jg pnya andil didlm pemerintahan....kl menjelek2an pemerintah artinya kita2 ini jg yg jelek, tanpa disadari anda telah menjelekkan diri anda sendiri...pemimpin itu cuma pelayan dia menjalankn tugas melayani rakyatnya, bayangkan tugasnya dr sabang sampe merauke...numpuk problem yg diatasi agar rakyatnya merata menikmati hsil pembangun di segala sektor dg dibantu para menteri. Apa anda2 yg bisanya cuma komen mampu jlnkan itu semua dg waktu 5 thn ..? Tentu blm cukup....Soeharto aja yg mimpin 32 thn, blm cukup membuat negeri ini sejahtera merata....apalg cuma 5 thn, tdk usah urusan negara cuma kabupaten/kota sj blm cukup kl cuma 5 thn utk memperbaiki semuanya, 1 mslh aj misal korupsi...gak semudah membalik telapak tangan krn korupsi dinegeri ini sdh mengakar sejak orde baru jd susah diberantas, tp Alhamdulillah sejak adanya KPK negeri ini sdh mulai pelan2 membaik....kita doakan saja KPK dan para penegak hukum negeri ini bekerja dg jujur dan tanpa pamrih....aamiin yarabbal alamiin....maju lndonesiaku...bangkitlah bangsaku...hargai pemimpin kita siapapun dia mudah2an dia bekerja...kerja...kerja dan kerja utk rakyat bukan utk diri sendiri dan golongan...merdeka lndonesia bersatulah rakyat lndonesia...stop menghujat pemimpin, doakan dia bekerja utk rakyat dan sukses....jaya lndonesiaku...sejahtera bangsu....Ya Allah ya Rahman...Ya Rahiim...amiin...barakallah pemimpinku....

    BalasHapus
  46. Jadi masalah artikel2 yg gak penting sy hrp kita2 berfikir yg bijak saja utk mengomentarinya, kdng ada pihak2 tertentu yg punya kepentingan di pilpres2019 utk menyudutkan satu pihak, jagalah hati kita ....potitif thinking sj biar hidup kt tenang dan damai, biarkan Pak Jokowi bekerja membangun negeri ini dg Nawacitanya....kita rakyat cukup berdoa dan mendukung semua program beliau....kt rakyat kecil kl komen2 gak karuan bikin resah rakyat jadi dosa....org2 resah dengar berita yg blm tentu kebenarannya (hoax) jangan buat dosa lg....Allah tdk menyukai org2 yg berbuat dzolim atau mendzolimi org lain....naudzubillahi mindzolik...yg penting tunjukan kinerja kita dan buat prestasi...itu baru hebat, pepatah mengatakan semut diseberang lautan kelihatan tp gajah dipelupuk mata tak tampak, begitulah gambaran org2 yg selalu berfikir negatif ttg org lain....ingat Allah mengetahui apa yg kamu fikirkan walaupun hanya didlm hati...apalg diucapkan disampaikan hingga membuat org resah....ingat dosa....sdrku, taubatlah dg bnyk berdzikir demi negeri ini....NKRI harga mati, kt pasti sakit hati bila negeri ini dijelek2kan oleh org luar, pasti kt bela negara kt ya kan....belalah negara ini bukan malah dg menjelek2kan anak negeri sendiri yg sdg berjuang memperbaiki dan membangun bangsa ini agar menjadi negara maju kedepannya....kl kita rakyat selalu negatif thinking dan mencela sja bisanya, siapapun kyknya yg jadi presiden dinegeri ini gak ada baiknya, pdhal dia sudah jd pahlawan dinegeri ini demi rakyatnya....mlm tidurnya hnya bbrpa jam selalu mikir...apa, bgmn, dimana dan siapa yg mesti dia dahulukan bsk pagi yg dikerjakan utk rakyat dan bangsanya......walaupun agenda sdh menanti....dan tertata rapi...sy aja mikir kadian btl pemimpin kita....dia mikirkan rakyatnya dg sungguh2 dan bekerja seputih hati demi bangsa ini...tp apa balasan dr rakyatnya...taunya selalu menghujat, menghujat dan menghujat....ingatlah sdrku yg lslam, anda tau Rasulullah SAWpun saat berdakwah pd zamannya dihujat tp beliau diam saja dan bersabar, tp akhirnya yg menghujat dan mencela Beliau maduk lslam.....kalo Allah berkehendak andapun bisa jadi begitu....Wallahu'alam bissawab....

    BalasHapus
  47. Jadi masalah artikel2 yg gak penting sy hrp kita2 berfikir yg bijak saja utk mengomentarinya, kdng ada pihak2 tertentu yg punya kepentingan di pilpres2019 utk menyudutkan satu pihak, jagalah hati kita ....potitif thinking sj biar hidup kt tenang dan damai, biarkan Pak Jokowi bekerja membangun negeri ini dg Nawacitanya....kita rakyat cukup berdoa dan mendukung semua program beliau....kt rakyat kecil kl komen2 gak karuan bikin resah rakyat jadi dosa....org2 resah dengar berita yg blm tentu kebenarannya (hoax) jangan buat dosa lg....Allah tdk menyukai org2 yg berbuat dzolim atau mendzolimi org lain....naudzubillahi mindzolik...yg penting tunjukan kinerja kita dan buat prestasi...itu baru hebat, pepatah mengatakan semut diseberang lautan kelihatan tp gajah dipelupuk mata tak tampak, begitulah gambaran org2 yg selalu berfikir negatif ttg org lain....ingat Allah mengetahui apa yg kamu fikirkan walaupun hanya didlm hati...apalg diucapkan disampaikan hingga membuat org resah....ingat dosa....sdrku, taubatlah dg bnyk berdzikir demi negeri ini....NKRI harga mati, kt pasti sakit hati bila negeri ini dijelek2kan oleh org luar, pasti kt bela negara kt ya kan....belalah negara ini bukan malah dg menjelek2kan anak negeri sendiri yg sdg berjuang memperbaiki dan membangun bangsa ini agar menjadi negara maju kedepannya....kl kita rakyat selalu negatif thinking dan mencela sja bisanya, siapapun kyknya yg jadi presiden dinegeri ini gak ada baiknya, pdhal dia sudah jd pahlawan dinegeri ini demi rakyatnya....mlm tidurnya hnya bbrpa jam selalu mikir...apa, bgmn, dimana dan siapa yg mesti dia dahulukan bsk pagi yg dikerjakan utk rakyat dan bangsanya......walaupun agenda sdh menanti....dan tertata rapi...sy aja mikir kadian btl pemimpin kita....dia mikirkan rakyatnya dg sungguh2 dan bekerja seputih hati demi bangsa ini...tp apa balasan dr rakyatnya...taunya selalu menghujat, menghujat dan menghujat....ingatlah sdrku yg lslam, anda tau Rasulullah SAWpun saat berdakwah pd zamannya dihujat tp beliau diam saja dan bersabar, tp akhirnya yg menghujat dan mencela Beliau maduk lslam.....kalo Allah berkehendak andapun bisa jadi begitu....Wallahu'alam bissawab....

    BalasHapus
  48. Bpk suharto em bpk pembangunan.
    Si nganu bpk p.................
    Ya wis lah enakn jamanku toh???

    BalasHapus
  49. Bu Eny kayaknya gk salah. Di bagian bawah tulisan disebutkan : NB : Sumber lain pembangunan trans Papua dimulasi sejak jaman P. Harto.

    BalasHapus
  50. Kenapa tak ada beritanya di masa presiden-presiden yg lain? Karena presiden lain banyak bercokol di Ibukota saja jarang ke daerah terpencil khususnya Papua.
    Jokowi rajin ke daerah-daerah karena merasa presiden untuk seluruh daerah dan rakyat Indonesia.
    Jadi jangan salahkan Jokowi kalau rakyat mengira Jokowi lah yg membangun jalan Trans Papua.

    BalasHapus
  51. Di papua ada bukit Jokowitak jauh dari kota jayapura suatu bentuk ungkapan kecintaan dan terimakasih masyarakat papua untuk jasa baik presiden jokowi, kalau kalian ke papua mampirlah di bukit Jokowi anda akan menemukan kelegaan karena disuguhkan pemandangan yg sangat indah berhadapan langsung dengan laut lepas. Jajanannya juga cukup murah... Ga mahal2 amat, oh ya kalau jalan2 di papua ga usah kwatir harga bensin mahal kayak dulu sekarang uda cukup murah jadi enjoylah di papua untuk keliling menikmati alamnya dan kesahajaan serta keramahan penduduknya. Tks pak Jokowi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukit jokowi dikelola oleh masyarakat lokal mereka bangga krn Jokowi sempat mampir di tempat itu sambil melihat pemandangan dan makan kelapa muda .... sangkin bangganyamereka akhirnya bukit itu dinamakan Bkt Jokowi tetapi masyarakat pemilik sampai saat ini hanya sekedar bangga krn jokowi sempat mampir namun mereka nga di kasi apa2 sama ... seperti modal ut pengembangan usaha atau apalah yg bisa buat mereka maju... maaf aku kebetulan tinggal berdekatan dgn lokasi itu

      Hapus
  52. Ayo pikirkan hari setelah kita mati, bagaimana keadaan kita setelah mati, ayo lakukan kebaikan kebaikan sebermanfaat mungkin di dunia ini agar di akhirat kita tidak celaka, Allah sudah janji kalau suatu kaum sudah takut taat pada tuhan yg menciptakannya maka tuhan akan membrikan kemakmuran dari segala penjuru,

    siapapun pemimpin kita kita harus taati, itu perintah Allah, kecuali kita disuruh menyembah selain Allah, jangan taati,

    Jadilah merdeka, dengan menjadi diri kita sebenarnya, yg meningkatkan kebaikan kebaikan, memposisikan diri bersikap profesional sesuai keahlian kita untuk kebaikan indonesia, dan agar kita mati dengan keridloaan dan ampunan Allah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali
      Berpikirlah bagaimana agar layak dihadapan Allah
      Bukan mencibir atau mengejek presiden atau pihak yang lain
      Apapun yang kau katakan,yang kau tulis dala sebuah artikel atau berita,segala ejekan mu dan yang lainnya yang tidak membawa berkah
      Semuanya akan kau pertanggung jawabkan dalam pengadilan nya Tuhan
      Perbanyaklah berbuat baik dalam perkataan atau pikiran dan tindakan
      Apapun pemimpinnya kelak dan siapapun yag terpilih
      Itu sudah pilihan Tuhan bagi bangsa kita

      Bersatu untuk indonesia
      Jangan mau dipecah belah

      Hapus
  53. Memang jalan trans papua itu sdah ada sejak jaman Suharto.....tapi tidak pernah selasai dan tidak pernah digunakan seperti sekarang ini.... Tidak pernah di gunakan sehingga menjadi jalan air di saat hujan....apa lagi jika dilewati kendaraan roda empat, mustahil.... Jadi presiden ganti presiden tidak pernah serius membangun jalan untuk papua.. Perubahaan jalan mulai di aspal itu.. Saat jokowi menjadi presiden....walaupun sangat lama pengerjaannya...contoh...jalan merauke-boven digoel, pengerjaannya baru sampai di boven digoel..di merauke sudah rusak dan lumpur kembali..itu contoh nyata..bahwa pekerjaan jalan atau pembangunan di papua itu tidak pernah serius oleh presiden maupun penjabat mana pun...bagaimana pembangunan bisa cepat, sementara anggaran sangat kecil.. Pemerintah pusat boleh mengatakan bahwa anggaran otsus untuk papua itu besar...besar apanya??...APBD papua dan papua barat saja tidak lebih dari 5 triliun per tahun..sedangkan APBD jakarta saja ratusan triliun pertahun ditambah dengan serluruh pulau jawa hampir lima ratusan triliun... Gila...sedangkan luas pulau jawa banding Tanah papua..lebih besar papua bahkan tiga kali pulau jawa baru bisa dengan papua... Maka itu namanya tidak adillllll... Pantas papua mau merdeka.... Itu cuma opini...wasalam..

    BalasHapus
  54. Dr semua koment..berarti semua presiden punya andil pd pembangunan jl trans papua...dr jman .P harto sampai p joko....hayooo jgn saling mengklaim hasil karya pribadi...mari bersama2..kita bangun indonesia jgn saling menghina apalagi memfitnah...siapapun presidennya nanti...berkaryalah untk negeri indonesia rangkul ulama jgn pas pemilu aja..tp dlm setiap pelaksanaan pemb jga..hilangkan isu rasis toh kita lahir jg gak bisa milih..allah yg berkuasa

    BalasHapus
  55. Semakin jelas siapa yang merintis jalan Trans Papua di Irian Jaya..!!

    www.panjikendari.com

    BalasHapus
  56. Ini prnulis orang yang hobby mungkit dan gak bisa ngakui kebaikan orang lain. Jelas tras papua itu konsep jokowi waktu debat pilpres 2014. Lagian ngapain habibi bikin rancangan jalan. Itu bukan bidangnya habini tau...??? Dia itu arsitek pesawat bukanbangunan sipil. Hadehhh... mau membodohin orang justru ketahuan goblok dan bohongmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lg ada org oon nya gk ketulungan, lu pikir bikin / membuka jalan itu bs semudah yg km bayangkan, semuanya bth proses mulai dr survey DLL. Kyk gk ada otak nih org asal nyerocos aja

      Hapus
    2. Hadehh, ni orang tolol banget, udah tau dirancang dari jaman presiden soeharto masih ngaku2 hasil super dede..mikil dong mikil, gak ada malu2nya ih ngaku2..

      Hapus
  57. Oooh ternyata begitu ceritranya... ko kenapa seolah olah pemerintah sekarang yg buat itu jalan hehehehe

    BalasHapus
  58. Semoga kebenaran terungkap

    BalasHapus
  59. Siapapun yang punya otak waras pasti bisa mikir, membuat jalan sepanjang itu hanya dilakukan dalam 4 thn, hehehe... Bull shit.
    Kecuali kalo si Dylan yang mengerjakan mah gampang....tinggal sim salabim langsung gunting pita.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel