Pimpinan KPK Saut Situmorang Apresiasi Program Jakarta Satu Anies Dalam Berantas Korupsi



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan Jakarta Satu, yaitu sebuah sistem pemantauan terintegrasi di jajaran Pemprov DKI Jakarta di Balaikota Jakarta, Rabu (17/1). Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang turut hadir, memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi program ini. 

Pemprov DKI Jakarta memiliki perjanjian kerjasama dengan KPK RI untuk melakukan pencegahan korupsi di Jakarta. Sistem pengawasan terintegrasi Jakarta Satu dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta dengan dukungan dari KPK RI yang diharapkan untuk menjadi model dari sistem pencegahan korupsi di daerah.    

Jakarta Satu disebut sebagai Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan karena sistem pengawasan ini mengintegrasikan semua data ke dalam sistem tata ruang yang sama. Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta tanpa kecuali memiliki satu acuan data dan peta yang sama. 

Melalui sistem ini, kebijakan yang diambil Pemprov dapat dilakukan secara konsisten berdasarkan pada kesamaan data dan informasi. Dengan sistem pengawasan terintegrasi melalui wujud Jakarta Satu, tidak hanya kebocoran keuangan negara yang berpotensi korupsi dapat dicegah, melainkan pemborosan dan inefisiensi anggaran daerah dapat dikurangi. 

Saat ini sistem Jakarta Satu akan dimulai dari Kelurahan Gambir Jakarta dan akan terus dikembangkan meliputi seluruh kelurahan di DKI Jakarta. Demikian pula dengan data, dimulai dari data Pajak dan Retribusi serta peta tata ruang dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Prov. DKI Jakarta maka data akan terus dikembangkan dengan memasukkan data-data dari seluruh SKPD di Pemprov DKI Jakarta.
.
Foto oleh: Rizal Mantovani

0 Response to "Pimpinan KPK Saut Situmorang Apresiasi Program Jakarta Satu Anies Dalam Berantas Korupsi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel